Mengapa Gen Y


Gen Y adalah generasi baru yang mempunyai daya konsumsi yang tinggi. Mereka lahir dari awal 1980-an hingga akhir 1990-an. Mereka saat ini adalah para pekerja muda, dan remaja. Generasi ini adalah generasi yang sering disebut generasi yang suka nongkrong dan jalan-jalan, serta narsis, dalam segi pekerjaan mereka banyak membuat pusing para HRD karena pembosan dan tidak sabaran, banyak tuntutan,  ingin bekerja dengan gaya yang kasual dan biasanya juga jauh dari loyal. Mereka ini lahir di era teknologi, dan ekonomi yang sedang tumbuh pesat.

Meskipun demikian slalu ada sisi baik yang bisa diambil dari Gen Y ini. Mereka adalah generasi melek teknologi atau sering disebut ‘tech savvy’. Mereka tumbuh bersama teknologi dan memanfaatkan teknologi untuk menunjang kinerja pekerjaan.
Blacberrys, laptop, cellphone dan berbagai gadget lainnya adalah ‘mainan’ wajib Gen Y. Mereka terkonek ke internet dan bergaul lewat ‘social network’ seperti Facebook, Tweeter, MySpace, dst. Oleh karenanya mereka lebih menyukai berkomunikasi lewat email atau text messaging daripada harus bertatap muka secara langsung. Sesuatu yang baru bagi  ‘old school bosses’

Disisi lain, Gen Y menyukai jalur ‘fast track’, mereka kerja dengan jam kerja yang fleksibel, lebih sedikit  tetapi menghasilkan bayaran yang besar, sesuatu yang dianggap generasi tua sebagai bentuk kurangnya komitmen dan tidak berdisiplin.
Gen Y mengutamakan keluarga daripada pekerjaan dan memiliki pandangan yang berbeda tentang lingkungan kerja.
Kerja tidak mesti ‘ngantor’..mungkin itu istilah mereka.

Percaya diri, ambisius, learning curve yang solid  dan ber-orientasi pada hasil akhir adalah ciri-ciri lain Gen Y. Mereka memiliki ekpektasi yang tinggi pada pekerjaan, mencari tantangan baru dan tidak takut mengambil resiko.

Siapkah anda menghadapi Gen Y ?


Mengapa Gen Y

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s