42% Pengguna PC Pakai Antivirus Gratisan


VIVAnews – Opswat, perusahaan pengamanan yang mengembangkan toolkit untuk mengelola aplikasi sekuriti pihak ketiga, mengumumkan hasil survey yang mereka lakukan, khususnya di negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Hasilnya, antivirus gratisan merupakan aplikasi pengamanan yang paling populer digunakan. Sebanyak 42 persen pangsa pasar software antivirus didominasi oleh versi tak berbayar.

“Dari survey terlihat bahwa pengguna memiliki keyakinan terhadap kemampuan aplikasi antivirus gratis,” sebut Opswat dalam laporannya, seperti dikutip dari PC Advisor, 12 Juli 2010. “Tampaknya pengguna merasa nyaman sama seperti menggunakan antivirus berbayar,” sebut Opswat.

Dari 42 persen pasar antivirus, empat aplikasi pengamanan terpopuler adalah Avast Free Antivirus dengan 11,45 persen, Avira AntiVir Personal Free Antivirus dengan 9,19 persen, AVG Anti-Virus Free dengan 8,6 persen, serta Microsoft Security Essentials dengan 7,48 persen.

Untuk aplikasi antivirus berbayar, menurut survey Opswat, aplikasi yang paling banyak digunakan adalah Avast dengan 5,4 persen, diikuti oleh Kaspersky Internet Security dengan 4,48 persen dan Norton Anti Virus dengan 4,24 persen.

Meski tidak masuk dalam 5 besar, menurut laporan Gartner pada April 2010 lalu, Symantec merupakan vendor keamanan terbesar dengan pendapatan mencapai 1,8 miliar dolar AS di 2009. Di posisi berikutnya adalah McAfee dan TrendMicro dengan pendapatan sebesar 699 dan 278 juta dolar AS.

• VIVAnews

42% Pengguna PC Pakai Antivirus Gratisan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s