The Power of Positive Thinking – Benarkah Ada?


Secuplik pikiran dari seseorang yang terlalu sering mendengar positive thinking sebagai jalan menuju sukses…

 

Dewasa ini, semakin banyak buku dan kajian tentang positive thinking, atau berpikiran positif, yang beredar. Diawali dengan ‘The Secret’ hingga munculnya motivator-motivator yang selalu menanamkan kekuatan pikiran.

Pertanyaan yang lantas muncul adalah : apakah pikiran positif benar-benar membuat kita mendapatkan apa yang kita mau?

Manusia membutuhkan motivasi, itu mutlak benar. Namun, bekerja di bidang yang setiap hari mendengar motivator bicara, akhirnya aku merasa bosan dengan bahasa motivasi dan pikiran positif. Ujung-ujungnya malah jadi bertanya-tanya, apa benar pikiran positif bisa membuat kita mendapat semua yang kita mau??? Dan dalam satu waktu, aku sempat sedikit merenungkan hal itu.

Bukan pikiran positif yang membuat kita mendapat apa yang kita mau. Pikiran positif hanya secuplik bagian kecil yang menopang hal tersebut. Niat dan kemauan lah yang membuat kita mencapai apa yang kita mau. Niat kuat yang muncul dari dalam diri sendiri.

Kalau ada yang bilang : “Saat pikiran kita begitu kuat, maka alam semesta akan bahu membahu membantu kita” , saya lebih setuju dengan kalimat : “Saat niat kita begitu kuat, sadar tidak sadar semua gerakan yang kita lakukan mengarah pada tercapainya niat tersebut.” Jadi, niat itu membawa kita untuk bertindak dan berpikir bagaimana caranya agar apa yang kita inginkan tercapai. Saat seseorang memiliki niat, maka ia akan mulai memiliki pikiran untuk melakukan itu. Hati, jiwa, dan seluruh gerakannya pasti diarahkan untuk mendapatkan apa yang dia mau, secara sadar maupun tidak.

Lantas di mana peranan pikiran positif? Pikiran positif berperan di saat kita menghadapi masalah. Itu saja rasanya. Karena hanya pikiran positif yang mampu membuat kita bangkit kembali dan berjuang lagi menggapai niat kita tadi. Pikiran positif melarang kita untuk putus asa. Di sanalah titik di mana pikiran positif bekerja.

Untuk mencapai apa yang diinginkan, kita membutuhkan niat yang kuat. Niat yang kuat jauh lebih besar nilainya dibandingkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga hal itu bisa dicari di mana pun, namun niat hanya bisa ditemukan di dalam diri kita. Niat akan menemukan jalannya untuk menemukan peralatan yang diperlukan dalam memenuhi apa yang diinginkan. Niat yang sedemikian kuatnya akan tertanam di pikiran dan gerakan kita.

Yang sering kali sulit di dapatkan adalah niat itu sendiri. Banyak orang yang mengatakan memiliki niat yang kuat namun tidak melakukan apa-apa. Itu namanya niat nya belum sekuat itu untuk membuatnya bertindak. Percaya kan, kekuatan kita yang sebenarnya melebihi apa yang kita sadari saat ini? Selama niat muncul dari dalam diri kita, benar-benar hasil keinginan yang ingin kita raih, niat itu akan membuat kita bergerak dan bekerja.

Di akhir pemikiranku, suatu kesimpulan sederhana dapat kutemukan. Mungkin salah, mungkin juga benar, siapa yang tahu? Seseorang dengan pikiran positif saja tidak akan mencapai apa yang ia mau. Lebih dari pikiran positif, orang tersebut harus memiliki niat yang kuat untuk mencapai apa yang ia mau. Jadi mungkin ada baiknya kita tidak hanya memiliki pikiran positif, namun juga menemukan dalam diri kita, apa yang sebenarnya menjadi ‘niat’ kita.

Sumber : http://www.wikimu.com

The Power of Positive Thinking – Benarkah Ada?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s