Karyawan Bahagia Produktivitas Tinggi


Karyawan yang bahagia melakukan pekerjaannya dan merasa dihargai cenderung memiliki kinerja yang lebih tinggi dan tentu saja ini sangat membantu peningkatan kinerja perusahaan.

Kebanyakan manajer memfokuskan pada usulan kenaikan gaji karyawan, penambahan insentif dan bonus, serta fasilitas kerja , dan lain-lain.

Perusahaan yang memiliki pekerja yang bahagia cenderung mempunyai produktivitas yang tinggi, pelanggan yang puas, dan jarang terjadi kecelakaan. Banyak perusahaan menghabiskan waktu untuk mengaji ulang prosedur operasional, menekan biaya pengeluaran dan mencari berbagai cara untuk berhemat. Tetapi sayangnya, banyak perusahaan yang lupa atau masih belum memikirkan bagaimana caranya untuk membahagiakan karyawan.

Hubungan antara kepuasaan karyawaan dengan produktivitas adalah satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan. Karyawan yang bahagia melakukan pekerjaannya dan merasa dihargai cenderung memiliki kinerja yang lebih tinggi dan tentu saja ini sangat membantu peningkatan kinerja perusahaan. Di bawah ini adalah contoh strategi yang dimaksud.

1.”Training”

Karyawan baru perlu diberi training agar memahami tentang bisnis perusahaan dan apa peranannya bagi perusahaan. Sekalipun karyawan tersebut berpengalaman, jika langsung bekerja tanpa training lebih dulu maka biasanya dia akan menemui kesulitan untuk beradaptasi, merasa tidak “fit in” dan akibatnya kinerjanya juga rendah. Ini akan terus berlangsung sampai dirinya mulai terbiasa dengan lingkungan kerjanya dan dapat menyesuaikan diri dengan posisi barunya. Tanpa training, akan memakan waktu cukup lama bagi seorang karyawan untuk merasa nyaman dan menyatu dengan pekerjaan barunya.

2.Komitmen

Karyawan akan lebih loyal dan menghargai perusahaan yang komitmen dalam mengutamakan training dan development untuk karyawannya. Tanpa faktor penting ini, banyak karyawan bagus tidak akan mau bertahan lama dan mencari pekerjaan di tempat lain untuk berkembang.

3.Gaji dan bonus

Ini bukan berarti asal menaikkan gaji dan bonus setinggi-tingginya, tapi perusahaan perlu mengaitkan gaji dan bonus karyawannya dengan pencapaian target dan kinerja. Dengan demikian, karyawan akan lebih bersemangat dalam bekerja karena bisa dibilang mereka sendiri yang menentukan seberapa besar kenaikan gaji dan bonus tahunannya.

4.Penghargaan

Setiap orang pasti ingin dihargai dan penghargaan perusahaan sangat penting artinya bagi karyawan. Karyawan yang merasa diperhatikan dan dihargai hasil kerjanya akan lebih bersemangat dan cenderung memiliki kinerja yang tinggi.

5.Penyesuaian

Perusahaan harus bisa mengerti dan menyesuaikan dengan keadaan karyawannya. Ini adalah faktor penting bagi kepuasan kerja karyawan dan juga meringankan tingkat stres mereka. Memberi perhatian kepada karyawan tentang jam kerja, lokasi, suasana kerja, teknologi dan fasilitas untuk meringankan pekerjaan akan sangat dihargai karyawan. Mendukung keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan karyawan juga akan menguntungkan perusahaan karena dapat menekan biaya lembur dan absen karyawan.

Memang memerlukan banyak usaha dari perusahaan untuk membuat dan melaksanakan program yang bagus untuk kebahagiaan karyawannya, tetapi jika perusahaan sukses membuat karyawannya merasa nyaman dan menghasilkan kinerja yang tinggi, bukankah semua ini patut diperjuangkan?

Karyawan Bahagia Produktivitas Tinggi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s