Dapurnya Mobile Internet


 

Kecepatan GPRS jaman doeloe sekitar 56-114Kbps, 3G sekitar  384-512Kbps, pada 3,5G(HSDPA) di Indonesia hanya berkisar 3,6Mbps (bandingkan dengan Singapura yg mencapai 28Mbps)

Kestabilan koneksi akses internet melalui GPRS sangat dipengaruhi oleh tingkat aktivitas pemakaian handphone  dan  komunikasi suara di sekitar BTS. Hal ini disebabkan karena kanal data yang dipergunakan untuk akses internet pada jaringan GPRS dipakai secara tumpang tindih dengan kanal untuk pemakaian komunikasi suara.

Prioritas pemakaian kanal untuk komunikasi suara lebih tinggi dari pada pemakaian kanal untuk akses internet. Jadi apabila jumlah pemakai BTS untuk komunikasi suara sudah mendekati kapasitas maksimum BTS, maka akses internet yang yang sedang berlangsung akan diputus atau tidak mendapat pasokan data ( 0 Kbps ) sampai jumlah sambungan komunikasi suara turun lagi.

 

 


 

Gambar-1:
Jumlah pemakai komunikasi suara di BTS masih di bawah jumlah kapasitas maksimumnya sehingga kanal data untuk akses internet masih tersedia.

 


Gambar-2 :
Jumlah pemakai komunikasi suara di BTS meningkat mencapai jumlah kapasitas maksimum, akibatnya kanal data untuk akses internet menjadi tidak tersedia. Koneksi akses internet akan terputus atau pasokan data dihentikan (0 Kbps) untuk sementara. Jika jumlah pemakai komunikasi suara di BTS menurun sampai di bawah batas kapasitas maksimum maka kanal data untuk akses internet kembali tersedia.

 

Berapa kecepatan standar pada GPRS, 3G, HSDPA/3,5G

Pada GPRS 56-114Kbps, pada 3G di indonesia hanya 384-512Kbps, pada 3,5G(HSDPA) di Indonesia hanya berkisar 3,6Mbps(bandingkan dengan Singapura yg mencapai 28Mbps)

 

Mengapa jarak antara ponsel-BTS berpengaruh pada kecepatan?

Saat melakukan transfer file via bluetooth, kedua ponsel hanya berjarak 1-2meter tapi apa yg terjadi jika agan menjauhkan kedua ponsel itu dalam jarak 4-5meter. Samakah kecepatannya?

 

 

Mengapa di 1 wilayah GPRS sangat cepat tapi di 1 wilayah yg lain lambat?

Ada 2 BTS dalam 1 wilayah. 1 BTS melayani 50 user/pengguna dalam waktu yg sama sedangkan 1 BTS lain melayani hanya 10 user juga dalam waktu yg sama. Manakah diantara keduanya yg memiliki koneksi lebih cepat?

 

 

Protokol apa saja yg support pada GPRS?

  1. Internet protocol (IP). Dalam prakteknya, mobile browser built-in menggunakan IPv4 karena IPv6 ini belum populer.
  2. point-to-point protocol (PPP). Dalam mode ini PPP sering tidak didukung oleh operator telepon selular tetapi jika ponsel digunakan sebagai modem untuk komputer terhubung, PPP digunakan untuk terowongan IP ke telepon. Hal ini memungkinkan sebuah alamat IP yang akan ditugaskan secara dinamis untuk peralatan mobile.
  3. X.25 koneksi. Ini biasanya digunakan untuk aplikasi seperti pembayaran nirkabel terminal, meskipun telah dihapus dari standar. X.25 masih bisa didukung atas PPP, atau bahkan melalui IP, tetapi juga melakukan hal ini membutuhkan sebuah router berbasis jaringan untuk melakukan enkapsulasi atau intelijen yang dibangun in ke end-device/terminal; misalnya, pengguna peralatan


Mengapa koneksi GPRS berpengaruh ketika hujan/petir?

Saat terjadi hujan/petir, signal mengalami intervensi di udara sehingga berpengaruh pada kecepatan transfer.
GPRS lambat pas ujan karena adanya redaman hujan yg membuat sinyal tersebar,jadinya tuh sinyal mencari-cari tower BTS ^_^

Dapurnya Mobile Internet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s