KWorld PlusTV Hybrid USB Stick, Mini TV Tuner Yang Asik.


TV tuner USB yang satu ini mudah digunakan. Ia juga bisa tangkap siaran televisi digital.
 

KWorld PlusTV Hybrid USB Stick

Saat ini, pengguna, terutama dari kalangan pekerja semakin banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Padahal, terlalu serius bekerja tanpa istirahat, atau sekadar melepaskan penat sangat berbahaya bagi kesehatan. Tetapi bagaimana kalau kondisi tidak memungkinkan untuk pengguna jauh-jauh dari komputernya?

Salah satu alternatif hiburan yang tersedia dengan memanfaatkan komputer adalah menonton siaran televisi, lewat TV tuner. Di pasaran, jenis TV tuner sendiri sangat beragam. Mulai dari versi add on card (kartu tambahan yang dipasang di motherboard), versi TV tuner eksternal yang hanya membutuhkan monitor, dan versi USB. Salah satu contoh versi USB adalah KWorld Plus TV Hybrid USB Stick.

KWorld Computer Co., Ltd adalah perusahaan penyedia perangkat multimedia dan video yang berdiri tahun 1999. Kata KWorld sendiri adalah singkatan dari “King of the Multimedia World”. Seperti namanya, meski masih tergolong muda, perusahaan asal Taiwan tersebut sudah menjadi salah satu pemain utama di bidangnya.

Sekilas Produk
TV tuner berbasis USB 2.0 ini merupakan penangkap siaran televisi analog ataupun digital (DVB-T) untuk PC dan notebook. Sistem operasi Windows XP SP2, Windows Media Center Edition, atau Vista merupakan sistem operasi yang wajib dimiliki jika ingin menggunakannya.
Komputer yang digunakan untuk menonton siaran televisi juga harus memiliki spesifikasi yang cukup memadai. Adapun kebutuhan yang disyaratkan adalah komputer berprosesor 1,6GHz ke atas dengan memori sebesar 256MB atau lebih serta sebuah port USB yang tersedia.

Kartu VGA yang mendukung DirectX 9.0 atau ke atas juga diperlukan. Bahkan kalau sistem operasi yang dimiliki adalah Media Center Edition 2005, kartu VGA yang digunakan sebaiknya yang memiliki sertifikasi untuk itu. Kartu suara juga tentunya perlu untuk mendengarkan informasi dari siaran televisi. Untuk instalasi sendiri, ruang kosong sebesar 1GB atau lebih harus sudah ada di harddisk.

Jika Anda menggunakan Microsoft Media Center, kebutuhan sistemnya lebih tinggi. Untuk melakukan perekaman dalam format MPEG 2 atau melakukan perekaman terjadwal, prosesor Pentium-4 3GHz ataupun prosesor yang sekelas dari AMD, dibutuhkan. Memori utama sistem harus 1024MB atau lebih. Kapasitas ruang di harddisk juga harus lebih lega. Pasalnya, untuk merekam siaran televisi selama 1 jam ke format MPEG2, file video hasil rekaman tersebut akan mencapai ukuran 1,8GB.

Fitur yang Tersedia
Demi keamanan dan kestabilan ketika digunakan dalam jangka waktu lama, KWorld USB Hybrid TV Stick didesain untuk mengalirkan udara sejuk masuk dari bagian bawah lubang dan mengeluarkan udara panas dari dalam perangkat ke luar lewat bagian atas. Bagi pengguna yang sering berpindah tempat, perangkat ini juga siap. Penutup yang tersedia menggunakan desain slider, sehingga risiko hilangnya tutup USB dongle bisa ditiadakan.

Saat menonton siaran televisi analog ataupun digital, Anda juga bisa mengubah ukuran frame siaran televisi. Software KWorld HyperMedia Center 3.5 yang digunakan sudah mendukung itu. Jadi, saat Anda sudah siap kembali bekerja, tetapi masih ingin menyimak siaran berita di televisi, Anda bisa melakukan keduanya di waktu yang bersamaan.

Instalasi dan Penggunaan
Instalasi KWorld USB Hybrid TV Stick sangat mudah. Anda tinggal tancapkan perangkat ke port USB dan memasang antena yang sudah disediakan ke port antena di ujung lain TV tuner, lalu masukkan CD instalasi. Ikuti saja perintah di layar. Jika sudah selesai, carilah gelombang siaran televisi yang tersedia. Kalau sudah, maka siaran televisi sudah bisa Anda saksikan. Pencarian gelombang untuk siaran TV digital juga menggunakan langkah yang serupa.

Tampilan antarmuka dari perangkat TV tuner berukuran 84,5mm x 28,5 mm x 14,6 mm juga mudah dipahami. Bila Anda tidak yakin tombol mana yang Anda maksud, geser saja mouse ke atas icon yang ada (mouse over). Informasi mengenai fungsi tombol langsung muncul.

Perekaman secara langsung atapun terjadwal juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Yang perlu diperhatikan, pastikan Anda memiliki ruang di harddisk yang cukup besar untuk melakukan perekaman. Sebagai perbandingan, rekaman siaran televisi analog berdurasi 10 detik menghasilkan file MPEG berukuran 5,5MB sedangkan televisi digital berukuran 8MB.

Dari uji coba singkat yang kami lakukan, cukup menyenangkan menggunakan TV tuner seharga 65 dolar ini di komputer di sela-sela istirahat kala sibuk bekerja. Kemudahan instalasi dan penggunaan, apalagi dengan adanya remote control membuat menonton TV di komputer menjadi lebih mudah. Bahkan kalau ingin mematikan PC, remote control ini juga bisa dimanfaatkan.

Antena yang tersedia, meskipun ukurannya kecil juga cukup membantu penangkapan sinyal. Dudukannya yang berbahan magnet memudahkan penempatan antena di casing komputer, misalnya. Sayangnya fasilitas penangkap siaran TV digital kurang bermanfaat di Indonesia. Dari pencarian yang kami lakukan berulang-ulang, hanya TVRI saja yang siarannya tersedia. Pilihan lain adalah siaran radio RRI. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi distributornya, Misuco Electronik di telepon 021-6018218.

Kesimpulan

Ringkas dan kecil merupakan kesan pertama yang bisa didapatkan dari TV tuner PlusTV Hybrid USB Stick (DVB-T 323U) dari KWorld ini. Dengan kemampuan menangkap sinyal TV Analog dan TV Digital dalam satu perangkat, perangkat ini tentunya layak dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Tingkat CPU Utilization yang cukup rendah tentunya juga menjadikan perangkat ini cocok disandingkan dengan perangkat-perangkat Notebook maupun Netbook yang menjadi tren pasar saat ini.

Kelebihan:
– Mampu menangkap siaran televisi digital (meski secara nasional baru tahun 2018 siaran digital ini resmi dipake smua tv swasta)
– Suhu perangkat hanya hangat walau sudah digunakan dalam waktu lama
– Ringkas dan kecil
– Kemampuan menerima sinyal baik
– Kompatible dengan Netbook
– CPU Utilization Kecil
– Bundle Antena Mini
Kekurangan:
– Kelebihannya yang bisa menangkap siaran televisi digital justru menjadi kekurangan. Tidak adanya siaran televisi swasta yang dapat ditangkap membuat biaya lebih mahal yang harus dikeluarkan pengguna untuk membeli produk ini menjadi terasa mubazir.

• VIVAnews

Harga dikisaran US$ 60

KWorld PlusTV Hybrid USB Stick, Mini TV Tuner Yang Asik.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s