Keseimbangan


Bayangkanlah bahwa hidup anda adalah sebagai suatu permainan. Anda sebagai seorang pemain akrobat dengan lima buah bola yang akan anda lemparkan ke udara. Anda akan bermain bersama dengan lima buah bola di udara dimana sangat memerlukan keseimbangan agar jangan salah satu dari bolapun akan terjatuh. Kelima bola tersebut diibaratkan seperti, Pekerjaan, Keluarga, Kesehatan, Teman atau Sahabat dan Semangat. Ingat bahwa Anda harus mempertahankan kelima bola di udara menjaganya agar tetap seimbang, tanpa ada satupun yang terjatuh. Itu adalah sekelumit dari awal pembicaraan dari Brian G. Dyson, seorang CEO, coca cola yang sudah bekerja selama 35 tahun di perusahaan tersebut. Maksudnya adalah diperlukannya keseimbangan dalam kehidupan kita.

Pekerjaan, diibaratkan sebagai sebuah bola karet. Jika bola tersebut jatuh, maka bola tersebut akan memantul kembali. Tetapi keempat bola lainnya, yaitu keluarga, kesehatan, teman atau sahabat dan semangat terbuat dari bola kaca. Jika Anda, menjatuhkan bola kaca tersebut maka akan terjadi sesuatu pada bola kaca tersebut, seperti lecet, pecah, hancur bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.
Keluarga, kesehatan, teman atau sahabat dan semangat, tidak akan pernah sama. Kita harus memahami dan berusaha untuk melakukan keseimbangan di dalam hidup kita sehari-hari dengan beberapa cara.

Cara Untuk Mendapatkan Keseimbangan Dalam Hidup:
1. Jangan rusak nilai diri anda, dengan membandingkan
Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain, atau anda berusaha untuk seperti orang lain. Ingat, bahwa semua kita adalah berbeda-beda satu dengan yang lain, tidak ada yang percis sama di muka bumi ini. Di dalam diri kita masing-masing memiliki sesuatu yang istimewa yang tidak dimiliki oleh orang lain. Carilah dan pertahankan nilai keistimewaan dalam diri anda. Setiap mahluk adalah unik dan memiliki ciri khas masing-masing.

2.Jangan menetapkan tujuan yang dianggap orang lain penting
Apa yang dianggap orang lain penting, belum tentu penting bagi diri kita. Berhentilah menetapkan tujuan dengan apa yang orang lain anggap penting. Karena hanya kita sendirilah yang tahu apa yang terbaik bagi diri kita dan apa yang terpenting bagi diri kita.

3.Jangan Mengabaikan
Jangan mengabaikan orang-orang terdekat di hati anda. Berpeganglah teguh kepada komitmen. Karena seperti anda berpegang teguh kepada komitmen, merekapun akan hidup seperti anda. Ingat, tanpa orang-orang terkasih di sekitar kita maka hidup kita tidak akan bermakna. Hidup lebih bermakna karena adanya orang-orang terkasih disekitar kita. Jangan abaikan mereka!

4. Jangan ngotot
Jalani hidup dengan penuh irama dan ikuti irama hidup anda. Jangan biarkan masa lalu anda menghantui masa depan yang sedang anda akan jalani. Menjalani hidup dari satu hari kepada hari lainnya dengan gembira akan membuat hidup anda menjadi lebih hidup. Jangan kerahkan seluruh waktu hidupmu dalam hal-hal yang kurang penting.

5. Jangan menyerah
“Never give up” suatu kata yang sering terdengar, kata-kata pemberi semangat dan pemacu adrenalin. Jangan menyerah, artinya ketika masih ada sesuatu yang dimiliki untuk diberikan dan kerjakan lakukan saja. Lakukan sampai titik darah penghabisan. Tidak ada yang benar-benar kalah sampai kita berhenti berusaha.

6. Jangan takut mengaku salah
Tidak ada yang sempurna, semua manusia di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan takut untuk mengakui bahwa Anda kurang sempurna. Ketakukan untuk mengakui kesalahan adalah merupakan kerapuhan yang diikat perlahan secara bersama-sama.

7. Jangan takut menghadapi resiko
Hidup adalah sebab dan akibat. Setiap tindakan mengakibatkan resiko. Resiko adalah buah dan dari tindakan. Jangan pernah takut untuk menghadapi risiko. Resiko akibat tindakan adalah merupakan kesempatan kita untuk belajar bagaimana menjadi lebih berani untuk mempertahankan akibat tindakan kita.

8. Jangan menutup cinta
Janganlah membatasi cinta anda dan menutup cinta, sehingga cinta akan keluar dari kehidupan Anda dengan mengatakan bahwa anda tidak mungkin untuk menemukan cinta sejati. Tahukah anda bahwa cara tercepat untuk menerima cinta adalah memberikan, cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan memegangnya terlalu erat, dan cara terbaik untuk menjaga cinta adalah dengan memberinya sayap artinya menerima setiap orang apa adanya, tidak menuntut

9. Jangan berlari terlalu cepat
Berlari terlalu cepat dalam menjalani kehidupan akan membuat diri sendiri susah. Jangan berlari terlalu cepat dalam melalui kehidupan, sehingga Anda melupakan dimana yang pernah anda lalui dan pernah pergi. Ingat, kehidupan adalah sebuah proses, semua proses dilalui dengan berbagai tahap, tentunya dimulai dari tahap pertama dan akan maju ke tahap-tahap berikutnya. Tidak ada yang instan di dunia ini seperti indomie, atau bubur instant. Semua harus melalui proses.

10. Jangan abaikan kebutuhan terbesar
Tahukah anda bahwa kebutuhan emosi terbesar setiap manusia adalah kebutuhan ingin dihargai. Oleh sebab itu belajarlah untuk menhargai. Menghargai hal-hal kecil yang anda anggap tak berarti akan melatih diri kita untuk menghargai hal-hal besar lainnya.

11. Jangan takut belajar
Pengetahuan tidak akan pernah pudar dan hilang. Pengetahuan dapat disaha melalui berbagai literatur, seperti menggunakan waktu untuk membaca. Jangan takut untuk belajar. Pengetahuan adalah ringan, pengetahuan adlah ibarat harta yang selalu dapat kita bawa kemana saja dengan mudah, tanpa memerlukan seseorang untuk membawakannya.

12. Jangan menggunakan kata sembarangan
Kata-kata adalah ibarat waktu yang sudah berlalu. Kata-kata yang sudah anda ucapkan tidak akan dapat anda tarik kembali. Sama seperti waktu yang sudah berlalu tidak dapat anda putar kembali. Ingat, belajarlah untuk menggunakan waktu dan kata-kata tidak sembarangan. Karena semua hal yang sudah berlalu tidak dapat diambil dan diulang kembali.

Keseimbangan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s