Microsoft Lync, Merubah Era Baru Komunikasi Bisnis



Microsoft sebagai perusahaan penyedia piranti lunak dan pengembang teknologi Cloud Computing, hari ini (17/11) mengumumkan ketersediaan teknologi terbaru yang mengubah cara orang berkomunikasi dalam dunia bisnis.

Diberi nama Microsoft Lync, teknologi ini mewujudkan peningkatan produktifitas perusahaan melalui komunikasi bisnis efisien dengan mitra kerja, dan tanpa batasan waktu maupun ruang.

Sebenarnya teknologi Lync ini adalah bagian dari teknologi Microsoft Office Communications Servers yang telah dikembangkan agar lebih user friendly. Selain itu yang membedakan teknologi Lync dengan teknologi sebelumnya adalah, setiap pengguna dapat berinteraksi menyertakan video dan konferensi audio, mengirimkan materi Microsoft Office, SharePoint dan Exchange, mengirimkan pesan singkat, hingga menelepon mitra kerja secara langsung dan fleksibel.

“Dengan adanya Lync di dalam sebuah perusahaan, teknologi ini dapat menyatukan suara perusahaan melalui layanan pesan singkat, web, audio dan konferensi melalui video telah merubah cara mereka berkomunikasi dengan memberdayakan kekuatan tim kerja mereka dalam hasil kolaborasi teknologi yang lebih efektif, efisien dan hemat biaya,” terang Susanto Hartono, President Director PT. Microsoft Indonesia.

“Perusahaan tidak perlu lagi pakai PABX. Kalau kompetitor kami memang ada yang menawarkan sistem seperti ini tapi harus membeli hardware lagi yang mahal, kalau Lync tidak perlu beli hardware yang macam-macam lagi. Inti dari Lync adalah communication anytime and anywhere,” ujarnya

 

Microsoft Lync sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan program-program instant messaging seperti Yahoo Messenger, namun dalam Lync seluruh aktivitas komunikasi dapat dilakukan hanya dengan mengeklik satu ikon. Misalnya saat kita akan menelepon seseorang. Caranya cukup dengan mengetikkan nama orang tersebut, kemudian klik ikon telepon. Begitu juga saat akan mengirim SMS atau email.

Dalam mencari nama seseorang juga tidak hanya dapat dilakukan dengan mengetikkan nama mereka, tapi juga mengetikkan posisi mereka dalam perusahaan. “Biasanya ada yang namanya diganti pakai simbol-simbol begitu sehingga kita kesulitan menemukan kontaknya. Dengan Lync kita tinggal ketik posisinya, kemudian kita akan dapat nama mereka,” jelas Sutanto.

Selain itu Lync juga dilengkapi dengan fitur untuk berbagi dokumen secara online sehingga dapat dilihat oleh semua orang pada waktu yang sama. Ini berguna saat perusahaan melakukan sebuah teleconference, dimana saat rapat berlangsung, pimpinan rapat bisa mengirimkan materi rapat sehingga dapat dibuka oleh para peserta rapat di berbagai lokasi berbeda.

“Ini contoh efisiensi juga, misalnya kalau mau melakukan training kepada cabang-cabang perusahaan. Tinggal conference, kirim materi dan mereka tinggal buka materinya. Jadi tidak perlu lagi kirim orang ke cabang,” ungkap Sutanto.

Dalam satu conference window, Microsoft Lync dapat menampung sebanyak 250 orang. Jalannya sebuah conference pun dapat direkam dengan mengeklik tombol Record. “Fitur ini berguna kalau ada karyawan yang tidak hadir, jadi dia bisa diberikan hasil rekamannya full, bukan diceritakan,” jelas Sutanto.

 

Tampilan Lync yang ditujukan pada semua perusahaan yang butuh komunikasi ini mirip instant messenger (IM). Tapi ini bukan sekadar IM buat kantoran. Ia bisa dipakai untuk rapat virtual keroyokan, videokonferensi, dan chatting melalui satu antarmuka yang mudah dipakai, sederhana, dan sama di PC, browser atau perangkat mobile. “Tidak kaku dengan satu device,” cetus Sutanto.

Dalam demo, diperagakan bagaimana mudahnya menggunakan Lync. Bisa lihat nomor telepon, status seseorang (tidak perlu buka Facebook), historical phone, juga numeric pad telepon dari satu tampilan. “Mencari orang bisa menurut nama atau keahliannya,” tutur Fuji Castilani (Solution Specialist, PT Microsoft Indonesia).

Jika orang yang dihubungi pasang status Do not disturb, maka panggilan telepon langsung dialihkan ke inbox yang bersangkutan. Yang menyenangkan, kita tidak perlu catat e-mail, atau nomor ponsel secara manual, karena semua kontak menjadi satu dan bisa digunakan untuk e-mail, chatting, atau video call.

Mau video call sambil unggah file Powerpoint yang perlu dilihat bersama-sama, misalnya untuk training karyawan perusahaan atau kantor cabang bank yang tersebar di berbagai kota? Silakan invite orang-orangnya. Caranya mudah, cukup drag and drop nama mereka. O ya, untuk video call cukup menggunakan kamera Webcam dengan koneksi GSM 3G, tidak perlu Wi-Fi.

Konferensi, jelas Fuji, tidak harus di komputer, tapi boleh dilakukan dengan telepon. Live meeting pun boleh direkam, lengkap dengan suara, chat. “Bandwidth otomatis diatur oleh Lync,” kata Fuji. “Di mana pun kita berada bisa lakukan kumunikasi dan tidak harus belajar karena sudah terintegrasi. Sampai ke level Web, bukan hanya di aplikasi.” Satu jendela konferensi bisa digunakan maksimal 250 orang.

Menurut Syamsurizal Munaf (Director of Technical Shared Service, PT Medco E&P Indonesia), kelebihan OCS yang kini bernama Lync adalah kemampuan untuk terhubung dengan land line (telepon kabel). “OCS sangat terintegrasi dengan PSTN dan tidak butuh tambahan. Hanya koneksi dari server dan E1 gateway. Menariknya, dari ponsel bisa hubungi nomor telepon kantor,” kata Syamsurizal yang perusahaannya sejak tahun 2008 menggunakan OCS 2007 yang mengoneksikan 2000 user dengan enam server.

“Penghematannya tidak tahu, tapi kalau (kami) panggil orang dari Houston, (terbang) 1st class sekitar US$ 16 ribu, dan kalau panggil tiga kali setahun berarti sekitar US 80 ribu. Lebih mahal dari Lync. Tapi sekarang kita untuk mengawasi pengeboran cukup pakai 2 – 3 orang dari dulunya 5 orang, dengan sistem time share,” tambah Syamsurizal.

Bagi konsumen bisnis, aplikasi Lync ini dapat diunduh versi percobaannya melalui www.microsoft.co/lync. Sedangkan ketersediaan Microsoft Lync 2010 dan Microsoft Lync Server 2010 secara resmi, bisa Anda dapatkan mulai tanggal 1 Desember 2011. Keunggulan yang akan Anda dapatkan dari Microsoft Lync, adalah Anda dapat menikmati aplikasi Office 365 meskipun aplikasi tersebut baru di pasarkan resmi di tahun depan, dan kapabilitas layanan suara terbaik di tahun 2011.

Microsoft Lync, Merubah Era Baru Komunikasi Bisnis

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s