Seven Years Facebook’s Facts and Stories


Inilah dia maenan Mark Zuckerberg sekitar 7 tahun lalu …sebelum punya Facebook ..:-)

Dan inilah ceritanya 7 tahun kemudian…


Rabu, 4 Februari tujuh tahun silam, dengan satu sentuhan pada tombol Enter, sejarah Facebook dimulai.

Pada malam itu, di kamar asramanya di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg secara resmi meluncurkan cikal bakal Facebook dengan alamat thefacebook.com.

Dalam satu malam, thefacebook yang awalnya hanya bisa diakses di jaringan kampus tersebut sukses meraih sedikitnya 1200 anggota. Satu bulan berselang, lebih dari setengah mahasiswa S1 Harvard tercatat memiliki profil di thefacebook.

Perjalanan thefacebook terus bergulir, mulai peralihan nama menjadi Facebook, sengketa Zuckerberg dengan kembar Winklevoss dan koleganya, Eduardo Saverin, sampai akhirnya dikenal di seluruh dunia – tak ketinggalan di Indonesia. Mirip seperti kisah yang menginspirasi film “The Social Network”.

Pada hari ini, Facebook resmi berusia tujuh tahun. Kini, situs pertemanan ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang bercengkerama dengan karib-karib lama. Lebih dari itu, Facebook telah dijadikan sarana mencari hiburan, medium pencitraan, dan mengeruk keuntungan. Sejumlah fasilitas seperti aplikasi/games, fanpage, dan slot iklan disediakan guna memenuhi kebutuhan itu.

Apa sajakah aplikasi permainan dan fanpage paling populer di Facebook saat ini? Status Facebook milik siapa yang paling banyak dikomentari? Berapa angka pendapatan Facebook sepanjang tujuh tahun ini?

7 Negara dengan Jumlah Pengguna Terbesar

  1. Amerika Serikat (148.216.200 pengguna)
  2. Indonesia (39.319.040)
  3. United Kingdom (27.917.760)
  4. Turki (25.127.700)
  5. Filipina (21.759.280)
  6. Perancis (20.378.620)
  7. India (19.895.420)

7 Game Terpopuler

  1. CityVille (101.148.048 MAU*)
  2. FarmVille (55.891.708)
  3. Texas Hold’em Poker (36.602.455)
  4. FrontierVille (26.750.105)
  5. Mafia Wars Games (17.993.611)
  6. CafeWorld (17.518.143)
  7. Treasure Isle (14.276.568)

7 Pengembang Aplikasi Terpopuler

  1. Facebook (418.447.653 MAU*)
  2. Zynga (282.972.532)
  3. CrowdStar (44.711.753)
  4. Electronic Arts (37.448.749)
  5. Pencake Limited (37.135.404)
  6. Playdom (29.051.868)
  7. Research In Motion, Ltd. (28.773.669)

*MAU = Monthly Active Users

7 Fanpage Terpopuler

  1. Texas Hold’em Poker (33.527.536 fans)
  2. Facebook (32.345.309)
  3. Michael Jackson (27.195.463)
  4. Lady Gaga (26.678.654)
  5. Eminem (26.032.469)
  6. YouTube (26.017.892)
  7. Family Guy (24.328.206)

7 Pengguna dengan Status Paling Banyak Dikomentari (versi UDRB.org)

  1. Eric Megabrov (34.286 komentar)
  2. Fo FO (30.000)
  3. Barbie Baybie (27.803)
  4. Colton D’Ambra (25.940)
  5. Anthony Ray (13.057)
  6. Barbie Baybie (12.738)
  7. Gaurav Gera (5143)

7 Milestone Jumlah Pengguna Facebook

  • 2004 – 1.000.000 pengguna
  • 2005 – 5.500.000
  • 2006 – 12.000.000
  • 2007 – 50.000.000
  • 2008 – 100.000.000
  • 2009 – 350.000.000
  • 2010 – 500.000.000

7 Milestone Pendapatan Facebook (dalam US$)

  • 2004 – Tidak diketahui
  • 2005 – Tidak diketahui
  • 2006 – 52.000.000
  • 2007 – 150.000.000
  • 2008 – 280.000.000
  • 2009 – 775.000.000
  • 2010 – 2.000.000.000

Facebook Lebih Populer dari Google

Hitwise melaporkan  bahwa Facebook berhasil mengungguli Google, yakni menjadi situs terpopuler untuk wilayah Amerika Serikat.

Demikian menurut hasil perhitungan yang dilakukan hingga 13 Maret 2010 lalu.

“Facebook.com baru-baru ini juga berhasil meraih peringkat #1 pada malam Natal, hari Natal, dan Tahun Baru. prestasi tersebut juga berhasil diraih pada akhir pekan tanggal 6 dan 7 Maret lalu,” ujar Heather Dougherty (analis Hitwise).

“Kunjungan ke Facebook.com mengalami lonjakan pada minggu lalu sebesar 185% dibandingkan minggu yang sama pada tahun 2009. Sementara itu, kunjungan ke Google.com meningkat 9% selama rentang waktu yang sama,” imbuh Dougherty.

Sementara itu, statistik ECommerceNews terbaru mencatat bahwa pembangunan adalah “kemenangan utama” bagi Facebook. “Memilih jaringan sosial sebagai situs nomor satu pastnya akan berpengaruh terhadap jumlah pengiklan dan investor. Hal ini sekaligus berakibat langsung pada peningkatan pendapatan,” jelas Hitwise melalui sebuah blog resmi.

Dlama kasus ini mungkin berlaku efek bola salju, di mana orang-orang akan suka menjadi bagian dari sesuatu yang tengah popular, seperti Facebook.com.

Seven Years Facebook’s Facts and Stories

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s