Cisco TelePresence Dengan Harga Terjangkau


Beberapa waktu lalu, kami pernah diundang oleh Cisco untuk merasakan langsung teknologi TelePresence 3010 milik mereka. Saat itu, kami terkesan dengan teknologi yang ditampilkan. Cisco mampu membawa pengalaman tatap muka dengan beberapa orang dari lokasi yang berbeda dalam ukuran sesungguhnya secara virtual. Sayangnya sistem tersebut tidaklah murah. Para peminat harus merogoh kocek puluhan hingga ratusan ribu Dollar Amerika.

EX90

Berbeda dari sistem TelePresence yang telah kami coba sebelumnya, EX90 dan EX60 hadir dalam bentuk yang berbeda. TelePresence 3010 merupakan sebuah sistem lengkap yang terdiri dari TV, sistem jaringan, hingga kamera. Sedangkan EX90 dan EX60 mampu hadir lebih murah karena berbentuk personal dekstop. Kedua perangkat ini menggunakan interface touch-screen sehingga pengguna dapat lebih praktis mengoperasikan perangkat ini. Bedanya seri EX90 memiliki layar berukuran 24 inci dan EX60 berukuran 21.5 inci.

Untuk mengisi kekosongan lini yang ada, Cisco segera merilis TelePresence EX90, EX60, Movi, dan IP Video Phone E20 di Indonesia. Semua produk tersebut ada di golongan produk Mid Range. Harga produk-produk ini ada di kisaran USD300 hingga USD1000. Untuk menghadirkan produk ini, Cisco memanfaatkan teknologi dari Tandberg, perusahaan yang diakuisisi pada April 2010.

Cisco juga memiliki solusi TelePresence dalam bentuk telepon. Cisco IP Video Phone E20 telah dilengkapi dengan sebuah monitor mini dan juga kamera HD. Melalui kedua perangkat tersebut, pengguna dapat melakukan videoconference dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dari TelePresence 3010.

Cisco IP Video Phone E20 memungkinkan penggunanya untuk terkoneksi dan berkolaborasi secara visual melalui video berkualitas tinggi dari meja kerjanya. Video phone ini juga menyediakan kemampuan teleponi seperti yang diperlukan dari telepon pada meja kerja.

Cisco Unifed Communications Manager menawarkan konektivitas asli ke IP Video Phone E20, menawarkan call control manager untuk video dan suara.

Spesifikasi Cisco IP Video Phone E20

  • High-resolution Cisco camera with integrated privacy shutter
  • DVD quality, w448p video resolution
  • 10.6″ wide format LCD display dengan resolusi WXGA
  • Bandwidth — SIP up to 1152 kbps
  • Audio Standards  MPEG4 AAC-LD, G.729ab, G.722, G.722.1, G.711
  • Firewall traversal via Cisco TelePresence Video Communication Server Expressway

Arsitektur Dasar Cisco TelePresence Video Communication Server


Cisco TelePresence Dengan Harga Terjangkau

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s