Menuju Era Radio 3.0


 

JAKARTA – Telkom memberikan terobosan baru dalam industri penyiaran radio dengan meluncurkan @Radio.

@Radio merupakan hasil kerja sama Telkom dengan mitra inovator ‘Zamrud
Khatulistiwa Technology’. Teknologi @Radio diharapkan bisa menjadi jawaban bagi
komunitas penyiaran radio untuk menghadapi perkembangan global dalam industri
radio siaran.

 

“Teknologi @Radio akan merevolusi dunia penyiaran radio di Indonesia.
Penyiar radio semakin mudah menjadi ‘great public speaker’ yang bebas
menentukan gaya siaran. Bahkan radio siaran akan semakin mudah bersenyawa
dengan jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter,” ujar Vice President
Public and Marketing Communication Telkom, Agina Siti Fatimah dalam
keterangannya, Rabu (9/3/2011).

Telkom bekerja sama dengan PRSSNI dan didukung e-Broadcasting Institute,
menyelenggarakan Program Nasional Kemitraan @Radio. Sasaran program kemitraan
adalah industri radio siaran yang telah menjadi anggota PRSSNI di seluruh
wilayah Indonesia. Program bertujuan untuk memberikan pinjaman lunak kepada industri
radio siaran. Hal itu merupakan kewajiban CSR (Corporate Social Responsibility)
Telkom.

Pinjaman itu dapat digunakan untuk melakukan transformasi bisnis radio
melalui layanan @Radio sehingga stasiun Radio mitra binaan dapat melakukan
inovasi proses bisnis, inovasi model bisnis, dan membangun ekosistem radio baru
secara kolaboratif. Layanan @Radio bukan hanya membangkitkan industri siaran
radio namun juga akan menunjang ekonomi kreatif secara nasional dengan prinsip
long tail economic. Sehingga ekonomi  kreatif yang mencakup berbagai jenis
industri kreatif dapat meningkatkan kontribusinya  bagi perekonomian
nasional secara signifikan.

“Industri Radio siaran sebagai subsektor dalam industri kreatif nasional
sangat berpotensi  untuk dikembangkan. Kapasitas dan layanan @Radio akan
meningkatkan efektifitas dan nilai tambah yang terkait dengan rantai nilai
dalam industri radio siaran,” jelas Agina. Rantai nilai tersebut meliputi usaha
kreasi, produksi, distribusi, dan komersialisasi.

Dengan layanan @Radio maka rantai kreasi stasiun radio siaran bisa
menciptakan ide-ide konten yang lebih segar dan efisien. Selain itu @Radio juga
akan membantu penguatan tatanan regulasi yang sesuai untuk sistem stasiun
berjaringan yang adaptif dengan jejaring sosial. Layanan @Radio juga akan
menguatkan kapasitas SDM radio serta bisa mengembangkan lembaga pendidikan dan
pelatihan di daerah-daerah. Eksistensi @Radio akan mendorong industri rating
lebih sehat dan berkeadilan. Karena industri radio siaran bisa mengelola
segmentasi pendengarnya secara efektif.

“Fitur-fitur yang dimiliki @Radio akan mentransformasikan proses bisnis dan
daya inovasi SDM radio siaran sehingga proses bisnis dan proses kreatif menjadi
lebih efektif dan berdaya saing global,” ujar Agina.

Trend konvergensi TIK dan Media menurut Agina terus bergerak merevolusi
dunia. Akibatnya Vox Populi atau suara publik semakin teresonansi menjadi
kekuatan yang luar biasa untuk mengadakan perubahan. Resonansi itu akan semakin
kuat dan menjalar dalam waktu yang cepat karena tersedianya layanan teknologi
dan inovasi penyiaran terbaru yang dikembangkan Telkom bersama PT. Zamrud
Khatulistiwa Technology.

Fitur unggulan dalam @Radio akan mengakselerasi user creates contents (UCC).
Dalam konteks ke-Indonesian yang memiliki beraneka ragam budaya, tentunya hal
itu akan  meningkatkan nilai tambah ekonomi. Adapun tujuh fitur utama
dalam @Radio adalah sebagai berikut,

1. Dynamics live streaming, fitur ini mendukung operasi penyiaran radio
dimana seluruh ’stakeholder radio’ yang terlibat dari mulai crew, pendengar,
hingga pemasang iklan, secara terintegrasi dapat bekerja, mendengarkan, dan
lainnya, sambil monitor rundown acara, iklan, judul lagu dan nama penyanyi
secara dinamis via website radio.

Contextual podcast streaming, fitur ini memudahkan para pendengar untuk memilih
hasil produksi seni siaran yang tersedia. Hasil produksi itu bisa dilihat dan
didengar secara on demand.

2. Stay tune social marketing, fitur ini memudahkan berbagai pihak melakukan
promosi hasil produksi seni siaran radio kepada teman-teman dan relasinya
dengan cara mengunggah atau mempublish di Facebook, Twitter dan lain-lain. Dan
untuk selanjutnya suaranya atau hasil siarannya bisa didengarkan secara
langsung pada halaman Facebook teman-teman dan relasi kita.

3. Multirequest integration, fitur ini memudahkan proses interaksi dengan
pendengar tanpa repot-repot harus membuka satu persatu masing-masing aplikasi
spt Facebook, Twitter, web maupun sms. Karena multi request integration
terangkum hanya dalam satu halaman web secara praktis.

4. Listening everywhere broadcasting anywhere,  fitur ini memungkinkan
setiap orang bisa mendengarkan radio tidak harus menggunakan radio. Siaran
radio dapat diakses dengan HP, iPad, iPphone, Galaxi Tab, dan lain-lain. Dan
bisa didengarkan dimana saja. Teknologi @radio memudahkan dalam operasional dan
manajemen siaran, pengelolaan siaran bisa dilakukan secara jarak jauh dimana
saja tidak harus berada kantor, menjadikan new live stile lebih cerdas dan
menarik.

5. Radio business innovations, fitur ini memungkinkan pendengar bisa
mengakses konten premium, juga bisa menyusun play list content audio untuk
mendengarkan kapan saja any time. Hal ini menjadi konsep baru penyiaran, “one
to one broadcasting”. Dan yang pasti

6. PT Telkom dan mitra inovatornya pada saat ini sedang mengembangkan user
generate cotent integration dan fasilitas send play list untuk dikirim kepada
teman teman kita, sehingga fitur ini membuat kondisi ‘everybody can be
broadcaster’. Selain itu, fitur ini juga menjadikan pemasang iklan lokal dengan
mudah dapat menawarkan produknya melalui portal radio yang disertai teks,
gambar, suara, animasi maupun video yang lebih kreatif dan dapat diakses lebih
lama dengan jangkauan yang lebih luas sesuai dengan prinsip viral marketing.

7. Radio on applications market, fitur ini menjadikan aplikasi radio dapat
di down load melalui market aplikasi yang dimulai dari Android market
selanjutnya ke market aplikasi popular lainnya seperti Apple store hingga
market SmartTV seperti GoogleTV dan Telkom IPTV sehinga untuk mendengarkan
radio cukup meng klik widget atau shorcut dari radio kesayangan kita.

Fitur-fitur tersebut akan terus dikembangkan melalui integrasi fitur
berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Sehingga tidak lama
lagi @Radio memiliki kemampuan ‘Voice Control & Respond’ atau disebut Radio
3.0. (srn)

 

Menuju Era Radio 3.0

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s