12 Langkah Menjadi Profesional IT Yang Bernilai Lebih.


Kita sering memfokuskan energi lebih pada apa yang ada di kartu nama kita atau  email signature, tapi lupa tujuan pertama , mengapa kita  dulu dipekerjakan yaitu untuk menambah nilai pada sebuah organisasi.

Berikut adalah 12 hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi  profesional IT yang lebih berharga:

1. Dapatkan lebih terlibat dalam bisnis. Menghadiri rapat, meski hanya duduk, mendengarkan dan mengamati. Lihatlah gambaran yang lebih besar dan menentukan daerah di mana Anda dapat  menempatkan IT dan keterampilan Anda, meskipun di luar tanggung  jawab langsung Anda.

2. Mengerti apa yang diharapkan dari Anda. Apakah Anda satu jalan yang sama dengan manajemen? Apakah Anda berfokus pada aspek yang benar di pekerjaan Anda? Anda tidak akan pernah tahu kecuali Anda bertanya.

3. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat bekerja lebih efisien. Melakukan hal ini akan membantu Anda mengatasi masalah-masalah IT yang mendesak dan penting.

4. Terus tanyakan pada diri sendiri: Apakah apa yang saya lakukan sekarang, apakah sudah memanfaatkan waktu dengan baik?

5. Fokus pada skill dan tingkatkan nilai interpersonal skill anda. Teknologi tidak semua tentang bit dan byte. Mengambil training dan menghadiri seminar. Mereka akan membantu Anda menjadi  IT profesional yang lebih baik.

6. Berada dengan orang -orang yang tepat  dalam lingkaran anda dan menunjukkan bagaimana Anda menggunakan waktu untuk melaksananan usaha dan memberikan kontribusi. Fortune Magazine melakukan penelitian yang menemukan bahwa semakin dekat Anda dengan stream revenue organisasi Anda, semakin kecil kemungkinan Anda harus diberhentikan. Jika anda bisa mengikat apa yang Anda lakukan di IT, dan  bagaimana IT bisa membantu bisnis menghasilkan pendapatan maka Anda akan lebih berharga.

7. Jangan hanya memberitahu orang-orang apa yang mereka harus dengar. Jika ada masalah atau jika Anda membutuhkan bantuan, mintalah bantuan.

8.Anda tidak bisa memperbaiki diri sendiri atau karir hanya dengan menempatkan Anda di 40 jam seminggu, hanya untuk menunggu untuk mendapatkan gaji. Lakukan sesuatu dengan benar atau mungkin  bisa melampaui ekpektasi target Anda.

9. Menjadi dan tetap terlihat dalam organisasi Anda. Melangkah keluar dari kubical Anda dan berinteraksi dengan rekan kerja, terutama di posisi manajemen.

10. Tetapkan tujuan untuk diri sendiri, dan membaginya dengan manajer Anda dan anggota tim dan pastikan diri Anda bertanggung jawab untuk tujuan tersebut. Tetapkan standar tinggi untuk diri sendiri, dan memberikan yang terbaik untuk setiap proyek Anda.

11. Membuat jaringan baik di dalam organisasi Anda dan di sekitar industri IT. Ingat, ini adalah tentang siapa yang Anda kenal dan yang mengenal Anda. Buat reputasi untuk diri sendiri dan membuatnya menjadi bagus!

12. Jangan lupa persepsi bahwa adalah segalanya. Bagaimana Anda dan kontribusi Anda dianggap adalah segalanya. Pikirkan tentang bagaimana rekan-pekerja akan menjelaskan Anda ketika Anda tidak ada. Apakah Anda seorang kontributor penting atau hanya sekedar pelengkap di  dunia IT ?

12 Langkah Menjadi Profesional IT Yang Bernilai Lebih.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s