Inilah 10 Super Computer Tercepat 2011


Jika Anda berpikir PC Anda cepat, tunggu sampai Anda melihat apa yang dapat dilakukan oleh Tianhe-1A, Supercomputer kolaborasi antara Intel dan  Nvidia dapat melakukan komputasi 160 tahun dalam satu hari saja, sedangkan PC dual-core akan memakan waktu 160 tahun untuk menyelesaikannya.

Setiap enam bulan, proyek TOP500 komputer membuat peringkat mesin terkuat & tercepat dan sekarang, inilah  adalah sepuluh mesin paling ngebut di dunia yang pernah ada.

1.Tianhe-1A
S
uperkomputer China saat ini tercepat di dunia: ia dapat dijalankan pada 2,5 petaflops  (petaflop adalah seribu trilyun operasi floating point per detik) dipersenjentai oleh 186.368 core processor dan 229.376 GB RAM.

Terletak di Shenzhen Nasional Supercomputing Centre, digunakan oleh universitas dan perusahaan Cina.


2. Jaguar

Jaguar, sebuah Cray XT5-HE superkomputer yang terletak di US Oak Ridge National Laboratory, tersusun dari
224.162 core  chip Opteron enam-core, dan kinerjanya adalah 1,76 petaflops. Superkomputer tercepat di dunia untuk penelitian.


3.Dawning Nebula
Ketika diluncurkan pada awal 2010 superkomputer Dawning Cina nebula adalah tercepat di dunia, dengan kinerja 1,27 petaflops, tapi sekarang sudah di tempat ketiga dibawah Jaguar dan Tiange yang lebih baru yang lebih cepat. Seperti saudaranya, Nebula di operasikan di National Supercomputing Centre di Shenzhen


4. TSUBAME 2.0

TSUBAME Tokyo 2.0 menawarkan kinerja mirip dengan Jaguar dengan kinerja berkelanjutan sekitar 1,4 petaflops – tapi  ukurannya cuman  seperempat dari ukuran Jaguar, hal ini berkat kekuatan Nvidia Fermi GPU
dan
CPU Intel.
Di gunakan untuk prakiraan iklim dan cuaca, pemodelan biomolekuler dan simulasi tsunami.

5. HOPPER
Hopper bekerja pada hal-hal besar: perubahan iklim, energi bersih, astrofisika, fisika partikel. Di operasikan oleh US Department of Energy Energi Nasional Penelitian Ilmiah Computing Center.

6. TERA-100
Superkomputer skala petaflop pertama yang dirancang dan dibangun di Eropa
Kapasitasnya untuk mentransfer informasi adalah setara dengan satu juta orang menonton film definisi tinggi secara bersamaan”,

Dibangun sekitar 7500 prosesor Intel Xeon, Tera-100 adalah pengganti untuk Tera 10 (buatan 2005) yang 20 kali lebih cepat dan tujuh kali lebih hemat energi sebagai pendahulunya. Satu lagi, misi Tera-100 untuk nuklir: adalah untuk membantu menjamin keandalan nuklir Eropa.

7.Roadrunner
Dibangun oleh IBM untuk Departemen Energi AS, memiliki kecepatan 1,04 kecepatan petaflop, ia dirancang untuk bekerja tahu apakah senjata nuklir AS akan tetap aman dengan bertambahnya usia mereka.Superkomputer  itu juga tersedia untuk industri, dengan industri mobil dan kedirgantaraan tentunya dengan membayar layanannya.

8.Kraken
Tugasnya untuk membantu “mengatasi tantangan terbesar di dunia ilmiah, seperti memahami dasar-dasar materi dan membuka rahasia asal-usul alam semesta kita”. Terletak di Institut Nasional untuk Komputasi Ilmu, terdiri dari core 112.895 core dan 9.408 node.

9.JUGENE
Superkomputer Jerman dirancang untuk konsumsi daya yang rendah serta kinerja tinggi, danterlah terlibat dalam beberapa proyek yang menarik – termasuk mencoba mencari bagaimana DVD bekerja.

10. Cielo
Cielo digunakan untuk “operasi rahasia” oleh US National Nuklir Administrasi Keamanan, dan itu mendapatkan upgrade besar tahun ini dari 6.704 node komputasi yang akan menaikkan menjadi 9.000 nodes. serta upgrade memori dari 221.5TB menjadi sekitar 300TB.Digunakan untuk nuklir juga.

Inilah 10 Super Computer Tercepat 2011

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s