10 Hal Yang Harus Di Miliki Pekerja IT


1: Tabah Menghadapi Cobaan.
Pekerja di industri IT biasa diserang secara keras, dari segala arah. Jika Anda tidak tahan komentar panas dari klien, Anda tidak akan berhasil

2: Kegigihan.
Industri IT adalah sebuah lanskap yang selalu berubah, dan setiap hari akan ada masalah baru. Diperlukan sifat  gigih dan keras kepala untuk memenuhi tantangan ini.

3: Berjiwa muda
Meskipun saya suka berpikir IT adalah bidang yang tidak dipengaruhi oleh diskriminasi usia. Ada banyak alasan untuk ini. Jam kerja IT sering membutuhkan jam jauh lebih banyak daripada pekerjaan biasa. Rentang umur terbaik pekerja IT adalah sekitar 25 sampai 45 tahun. Kabar baik? Jika Anda mulai pada usia 25, ada karir 20 tahun menunggu Anda.

4: Kesabaran.
Pengguna atau klien yang frustasi adalah masalah yang harus di hadapi.Sistem akan menguji kesabaran Anda. Dengan kesabaran cukup, Anda akan bisa survive.

5: Keterampilan.
Bila Anda dilihat sebagai IT Administrator  Anda tidak hanya spesialis dalam administrasi DB, Anda juga perlu mengerti cara kerja IT Helpdesk, menangani problem dari yang paling ecek-ecek sampai yang komplek. Bagaimanapun dunia IT adalah dinamis dan kompleks, tidak cukup hanya satu skill untuk bisa survive disana. Multi skills adalah syarat mutlak untuk bisa tetap eksis di dunia IT

6: Kemampuan berimprovisasi.
Akuilah – akan ada waktu ketika Anda harus meyakinkan seseorang tetapi Anda tidak tahu persis apa yang akan Anda lakukan. Dalam situasi sulit ini Anda perlu melakukan improvisasi untuk menciptakan solusi. Atau jika Anda beruntung solusi itu akan datang dengan sendirinya ketika Anda sedang berimprovisasi.

7: Jadilah Humas Yang Baik
Apa gunanya punya barang dagangan (dalam hal ini skill) tetapi tidak dipasarkan, karena Anda tidak memiliki ilmu humas yang cukup baik.


8: Perbanyak Koneksi
Hal ini mungkin tampak sedikit aneh, tetapi sebagai anggota bidang IT (terutama jika Anda seorang konsultan solo), Anda harus memiliki koneksi di industri terkait maupun tidak terkait.

9: Keinginan untuk belajar yang tak pernah henti
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, IT adalah industri yang terus berubah. Begitu teknologi baru dilepaskan, eh yang terbilang baru pun sudah di anggap ketinggalan zaman. Jadi siapa pun yang ingin berkarir di bidang IT harus memiliki keinginan yang kuat untuk belajar. Anda akan ditantang setiap hari untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jika Anda tidak suka belajar (baik pada Anda sendiri, dengan orang lain, atau di ruang kelas), Anda harus melupakan tentang IT. Tanpa keinginan untuk belajar, Anda akan segera jatuh di belakang persaingan. Dan percayalah, IT adalah dunia yang kompetitif.

10: Passion aka Semangat!
Passion merupakan kebutuhan intrinsik bagi setiap pekerja IT . Jika Anda tidak mencintai teknologi dan memecahkan masalah, IT bukan bidang yang tepat untuk Anda. Dan semangat yang kuat akan mendorong Anda sukses. Setelah bertahun-tahun bekerja di lapangan, passion yg kuat juga akan membantu Anda bangun setiap pagi lebih bersemangat untuk bekerja. Tanpa gairah, bidang IT dengan cepat dapat menjadi tempat kosong tanpa jiwa

10 Hal Yang Harus Di Miliki Pekerja IT

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s