Mencicipi Cloud Antivirus


Konsep cloud sepertinya semakin nyata dan akrab dengan kehidupan kita. Pasalnya, semakin banyak saja aplikasi yang bisa memanfaatkan konsep cloud untuk beroperasi. Salah satunya adalah Panda Cloud Antivirus ini.

Pada antivirus konvensional, aplikasi harus  terpasang di setiap PC. Proses pemindaian harus dilakukan rutin  memanfaatkan tenaga PC itu sendiri. Proses update pun harus dilakukan terus-menerus agar tetap sakti menangkal virus baru.

Masalahnya, proses pemindaian terkadang memakan daya PC terlalu banyak, dan tidak semua orang rajin melakukan update antivirus. Nah, permasalahan inilah yang tidak ditemui saat menggunakan antivirus berbasis cloud seperti Panda Cloud ini.

Agar bisa berfungsi, Anda memang harus tetap memasang aplikasi Panda Cloud ini. Namun PC Anda hanya bertugas memindai dan melaporkannya ke server.

Proses “penyembuhan” dilakukan oleh Panda di servernya yang berada di “awan” sana. Jika terdapat gangguan yang tidak terpecahkan, antivirus ini akan memberikan solusi dalam situsnya.

Enaknya lagi, Anda tidak perlu melakukan update berkala. Proses update dilakukan oleh Panda di server mereka, sehingga kita tinggal “tahu beres”. Panda Cloud sendiri memiliki komunitas yang berasal dari seluruh penjuru dunia dan saling membantu mengatasi permasalahan virus yang ada.

Mereka akan saling mengumpulkan informasi dan berkolaborasi dalam melaporkan  penyebaran virus terbaru. Dalam waktu singkat, virus tersebut sudah dapat teridentifikasi sehingga solusi yang didapat bisa lebih cepat.

Saat dalam keadaan offline, antivirus ini tetap bisa memindai file/folder
dari ancaman virus. Hanya saja saat ditemukan permasalahan, Anda mesti menghubungkannya dengan internet guna dikirim ke server dan memecahkan permasalahannya. Hal inilah yang membuat antivirus ini tetap ringan dan cepat.(Dayu Akbar—Kontributor)

***

Panda Cloud memiliki pendekatan unik dalam melindungi PC. Karena berbasis cloud, antivirus ini terasa ringan, cepat, dan bebas perawatan. Namun sama seperti aplikasi berbasis cloud lain, kemampuan Panda Cloud menurun drastis ketika tidak terhubung ke internet.

Mencicipi Cloud Antivirus

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s