Vivotek, IP CCTV Yang Tetap Cemerlang saat Temaram



Sensor Vivotek IP8151 ini mampu mengatasi situasi bercahaya minim.

Sudah banyak kamera IP CCTV yang mampu menghasilkan gambar dan video yang berkualitas cukup baik pada kondisi pencahayaan normal. Namun umumnya kemampuan kamera IP akan menurun jauh saat dihadapkan pada situasi cahaya buruk (remang-remang, redup, dan gelap).

 

Nah, Vivotek IP8151 ini bisa jadi merupakan salah satu kamera IP yang memiliki kemampuan paling baik saat dipakai di kondisi bercahaya minim. Apa saja sih teknologi dan feature yang dimilikinya?

Masuk ke dalam seri Supreme, kamera IP Vivotek IP8151 ini merupakan salah satu varian kelas atas. Material yang digunakannya pun berkualitas. Seluruh bodi kamera IP berwarna putih ini menggunakan bahan metal yang terasa mantap.

 

Tersedia dua buah lubang yang diletakkan di atas dan di bawah badan kamera untuk memasangkan dudukan sebelum Anda memasangnya di tembok atau langit-langit. Dudukannya sendiri juga terbuat dari logam dan menggunakan sistem ball-head yang digerakkan manual. Jadi kalau Anda ingin menggeser arah hadap kamera, Anda harus menggesernya secara manual.

Bagian belakang Vivotek IP8151 ini dipenuhi cukup banyak port. Ada dua buah port untuk mikrofon dan audio out, sebuah port RJ45, dan sebuah port digital untuk perangkat eksternal. Selain itu ada juga port video out untuk menampilkan gambar langsung ke televisi. Kamera IP ini juga menyediakan sebuah slot SD card untuk sarana penyimpanan rekaman.

Salah satu feature yang menarik dari Vivotek IP8151 ini terletak pada lensa yang digunakannya. Kalau biasanya kamera IP menggunakan  lensa tetap (fixed) berukuran kecil, Vivotek IP8151 ini menggunakan lensa yang bisa dilepas dan ditukar (interchangeable). Lensa yang menggunakan mount CS ini juga memiliki fungsi zoom dan fokus. Sayangnya pengaturan zoom dan fokusnya harus dilakukan manual  melalui sekrup yang bisa diputar di depan.

 

Di balik lensa tersebut, terlihat sebuah sensor yang digunakan pada kamera IP ini. Vivotek IP8151 ini menggunakan sensor dari Sony. Vivotek mengklaim sensor CMOS berukuran 1/3 inci ini menggunakan teknologi Exmor yang mampu menangkap gambar dengan baik dalam segala situasi. Di dekat lensa terdapat sensor cahaya yang akan mengaktifkan modus malam saat mendeteksi situasi bercahaya kurang.

Memasuki panel kontrolnya, Anda akan disuguhi dua bagian besar. Di sisi kiri terdapat menumenu dan kontrol kamera, di sebelah kanannya akan ditampilkan gambar dan opsi-opsi yang tersedia kalau Anda masuk ke menu. Ada juga tombol-tombol kontrol seperti play, stop, pause, record, dan digital zoom. Sebetulnya kontrol kamera yang dapat dilakukan pada panel kontrol web ini cukup lengkap, seperti zoom, pan, dan tilt. Namun  fungsi-fungsi tersebut tidak dapat bekerja pada Vivotek IP8151 ini.

Masuk ke pilihan pengaturan, panel kontrol ini menyediakan dua modus, basic dan advanced. Modus advance tentu memiliki opsi yang lebih lengkap dan kompleks dibandingkan basic. Beberapa pengaturan yang dapat dilakukan adalah pengaturan jaringan, keamanan, maintenance, dan pengaturan gambar dan video. Khusus untuk pengaturan gambar dan video, Vivotek IP8151 mendukung tiga jenis codec yaitu MPEG4, H264, dan Motion JPEG (MJPEG). Sensor yang digunakan mampu menghasilkan resolusi hingga 1280 x 1024. Resolusi tersebut agak kurang umum digunakan pada video, tapi resolusi tersebut cukup besar untuk menangkap aneka detail gambar. 

Dari sisi kualitas video, Vivotek IP8151 ini mampu menghasilkan video dan gambar yang bagus. Kamera IP ini dapat menghasilkan video dengan bitrate hingga 8000 kbps. Pengguna juga bisa mengatur kualitas gambar via menu preset quality yang telah disediakan. Sebagai gambaran, sebuah video dengan parameter codec H264, bitrate preset standard, dan resolusi 1280 x 1024, memiliki ukuran file sekitar 6 MB.
(Steven Irwandi)

****

Vivotek IP8151 ini memiliki kinerja yang sangat bagus, baik pada kondisi normal maupun saat kondisi bercahaya minim. Sensor Sony Exmor yang digunakannya mampu menghasilkan gambar yang jernih dengan noise yang minim. Lensa interchangeable yang digunakannya juga bagus dan mampu menangkap detail dengan baik. Inilah sebuah kamera IP CCTV yang tak hanya digdaya pada kondisi normal, namun juga tetap perkasa pada situasi sulit.

 

Spesifikasi  Vivotek IP8151

Sensor

Sony Exmor CMOS 1/3 inci

Resolusi

176×144, 320×240, 640×480, 800×600, 1280×1024

Mode Exposure

Otomatis

Mode White Balance

Otomatis

Lensa

F1,2/3,1-8 mm. CS mount interchangeable

Audio

Mikropon built-in, mikropon eksternal

Video

MPEG 4, Motion JPEG (MJPEG), H264

Koneksi

LAN 10/100Mbps

Bobot

664g

Garansi

1 tahun

Situs Web

www.vivotek.com

Harga Kisaran

US$-

 Download specs in PDF

Panel belakang Vivotek IP8151 ini dipenuhi dengan bermacam-macam port.

 

Kamera IP ini menggunakan lensa dengan mount CS yang bisa ditukar-pasang.

 

Lensa berukuran kecil ini memiliki kemampuan zoom dan fokus secara manual.

 

 
Plus
     : Sensor bagus; lensa bisa dilepas; mendukung resolusi tinggi; mendukung H264; ada slot Micro SD

Minus : Tanpa dukungan nirkabel, ukuran agak besar

Vivotek, IP CCTV Yang Tetap Cemerlang saat Temaram

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s