PCM, Teknologi Pengganti Flash Memory


Flash memory atau NAND Flash yang sekarang banyak digunakan sebagai peranti penyimpan – seperti SSD (solid state drive) – akan segera disaingi oleh Phase Change Memory (PCM). Pasalnya, baru-baru ini IBM mengumumkan telah membuat terobosan pada PCM sehingga kinerjanya 100 kali dari NAND Flash.

Kinerja yang tinggi dikarenakan pada PCM tidak lagi ada siklus hapus-tulis. Pada NAND flash siklus tersebut diperlukan yaitu data yang ada ditandai untuk penghapusan terlebih dahulu sebelum data baru dituliskan. Siklus hapus-tulis ini menurunkan kinerja NAND flash.

Keunggulan lain PCM adalah umur pemakaian yang lebih panjang daripada NAND flash. NAND flash hanya memiliki siklus penulisan dari 5.000 sampai 10.000 kali untuk produk-produk konsumer. Setelah siklus tersebut dicapai, NAND flash tidak dapat digunakan lagi. Untuk produk kelas enterprise siklus penulisan NAND flash bisa sampai 100.000 kali.


Menurut IBM, PCM dapat mencapai siklus penulisan 5 juta kali sehingga sangat cocok untuk aplikasi-aplikasi kelas enterprise.Untuk produk-produk seperti ponsel dan MP3 player, umur memori 3.000 siklus penulisan sudah memadahi. Umur memori tersebut sudah melampaui umur peranti yang menggunakannya.


Tetapi untuk aplikasi enterprise seperti pada layanan cloud computing, menurut IBM, satu jam saja sudah terjadi ribuan kali siklus penulisan.Kapasitas yang lebih tinggi juga menjadi keunggulan lain PCM. Menurut IBM, mereka telah dapat memproduksi chip PCM yang setiap selnya dapat menyimpan dua atau bahkan tiga bit data. Ini disebut sebagai multi-level cell (MLC). Teknologi yang ada sekarang untuk PCM baru single-level cell (SLC) yang menyimpan satu bit data per cell.Berbagai keunggulan PCM itu dikarenakan sifat-sifat yang dimiliki oleh material yang dipakai.

Material untuk PCM sebenarnya sudah digunakan pada rewriteable optical disc seperti DVD. Materi ini akan mengalami perubahan resistansi elektrik bila berubah fase dari amorphous ke fase poly-crystalline. Sifat-sifat material tersebut memungkinkan dibuat memori yang lebih baik dalam menyimpan data dengan ukuran yang bisa semakin diperkecil dan juga kebutuhan daya listrik yang lebih kecil.

PCM, Teknologi Pengganti Flash Memory

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s