1000 Hari Akhir Windows XP



Jakarta – Masih menggunakan sistem operasi Windows XP? Jika iya, sepertinya Anda harus mulai memikirkan untuk mengupgradenya ke Windows 7 atau mungkin hijrah ke OS lain. Sebab Microsoft menegaskan untuk tidak akan lagi memberikan dukungan kepada XP dalam 1.000 hari ke depan.

“Dengan sisa 1.000 hari ke depan, bukankah Anda harus mulai memikirkan untuk mempensiunkan Windows XP?” tukas Stepehen Rose, Community Manager untuk Windows Microsoft dalam blog Windows.

XP memang menjadi salah satu produk tersukses yang pernah dikeluarkan Microsoft. Bahkan dibandingkan penerusnya — Vista — XP jauh lebih populer dan tahan lama digunakan.

Namun sayang, perusahaan yang didirikan Bill Gates itu telah memutuskan untuk lebih mendorong Windows 7, seiring menunggu kelahiran Windows 8 yang digadang-gadang pada tahun 2012. Imbasnya, OS versi lama seperti XP harus dipinggirkan.

Rencananya, April 2014 menjadi tenggat waktu dukungan Microsoft terhadap XP. Selepas tanggal tersebut, sang produsen software raksasa dipastikan tak bakal lagi mengeluarkan tambalan keamanan (security patch) dan update lain untuk XP.

Tak hanya itu, aksi pemutusan dukungan disebutkan juga akan datang dari para pengembang dimana aplikasinya berjalan di XP. Hanya saja untuk hal ini tidak bisa ditentukan batas waktunya, tergantung dari para developer.

Menurut Net Applications, XP masih menjadi OS yang paling digunakan saat ini. Tak tanggung-tanggung, proporsinya bisa sampai 51%. Sementara di kalangan enterprise, pangsa pasar XP diprediksi bisa sampai 60%.

Windows 7 sendiri saat ini dilaporkan telah terjual 400 juta lisensi ke seluruh dunia. Jumlah tersebut dicapai sejak rilis Windows 7 di Oktober 2009.

1000 Hari Akhir Windows XP

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s