10 Mitos Performa Komputer


Computer lovers selalu mencari cara untuk mendapatkan kecepatan lebih dari komputer mereka. Sayangnya, sejumlah kiat  yang salah atau usang telah cukup lama menjadi mitos. Berikut adalah 10 mitos salah dan benar. Seperti biasa, saya yakin Anda akan mampu memikirkan banyak lagi mitos lainnya.

1: Vista dan Windows 7 memerlukan banyak RAM dibanding XP


Bener nih ?  Windows 7 membutuhkan RAM lebih dari 8 GB ?

Wow, yang terlihat menakutkan, bukan? Sistem ini tidak melakukan apa-apa (1% penggunaan CPU) tetapi membutuhkan 8,84 GB RAM fisik untuk menjalankan. Inilah apa yang sebenarnya terjadi.

Mulai di Vista, Windows  agresif menggunakan RAM. Para insinyur di Microsoft membuat pre-alokasi RAM dan pre-cache item yang sering digunakan, meskipun item tsb tidak benar-benar digunakan.

Misalnya, jika Anda menggunakan MS-Word banyak, Word akan mengkapling cukup banyak memori untuk persiapan. Sebagai hasilnya, aplikasi mulai jauh lebih cepat karena sudah di muat di memori.

2: Lebih banyak RAM selalu lebih cepat

RAM lebih bukan jaminan mesin akan lebih cepat, meskipun nambah RAM itu tidak merugikan bagi komputer. Sebenarnya, nambah RAM itu tidak sepenuhnya slalu berimbas pada performa komputer.

Jika Anda memiliki pilihan antara 12 GB RAM menggunakan Channel Triple dan 16 GB RAM pada Dual Channel, maka 12 GB RAM akan lebih cepat, asalkan komputer jarang memakai ke swap file.

3: Aplikasi Anti-malware bikin lemot

Ya, aplikasi anti-malware memiliki efek pada kinerja. Banyak masalah PC lemot dapat diselesaikan dengan menghapus aplikasi seperti antivirus. Itu dulu…

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak hal telah berubah. Dulu bahwa anti-malware aplikasi dasarnya harus meng-hack OS untuk melihat apa yang terjadi dengan sistem file dan RAM, dan ini adalah asal muasala komputer jadi super lemot. Itu tidak lagi terjadi.

Windows sekarang menyediakan kiat khusus di OS khusus aplikasi anti-malware, untuk menerima file dan menandatangani file tsb secara teratur. Akibatnya, aplikasi anti-malware meski menimbulkan hit  tapi skrg sangat minim.

4: Bersihkan browser, akan lebih cepat

Ini adalah tip tahun 90-an..ketika browser masih memakai teknologi jadul yang menghabiskan cukup banyak space untuk menyimpan cache browser. Tip yang tidak cukup relevan lagi di saat ini, browser thn 2011 ini sduah smakin canggih.

5: Bersih-bersih Registry bikin ngebut

Sama seperti yang di atas, tip bersih-bersih registry katanya bisa membuat komputer lebih cepat.
Dalam teorinya, memang benar, ukuran registry yang lebih kecil akam memiliki efek ke performa komputer.
Tetapi pada prakteknya sekarang, performa komputer saat ini tidak secara langsung di tentukan oleh registry cleaning. Tip ini mungkin hanya cocok utk teknologi jaman doeloe.

8: Bersihkan Recycle Bin untuk mendapatkan kecepatan lebih

Mitos 10 tahun yang sudah kadulawarsa. Membersihkan Tong Sampah memang akan memberikan tambahan disk space tetapi bukan performa komputer. Jadi silakan saja rajin-rajin membersihkan Recycle-Bin tetapi jangan terlalu berharap banyak performa komputer jadi menanjak.

6: Banyak core lebih baik

Salah satu mitos yg cukup terkenal adalah jika kita memiliki komputer dng banyak core (Dual Core, Quad Core, dst) maka komputer akan lebih ngebut. Tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah.

Tergantung dari jenis aplikasi apa yg kita jalankan, kebutuhan akan procesor dengan core lebih satu akan menjadi pertimbangan. Jika aplikasi grafik dan gaming, maka kebutuhan akan GPU (Graphic Processor) justru lebih penting. Karena GPU justru disini mikir lebih banyak dibangingkan CPU-nya. Nah sekarang jadi gimana, kita butuh procesor dgn core lebih buat apa? Jawabanya bisa jadi jika kita memakai sistem virtualisasi maka banyak core disini akan lebih berguna.

Jadi tdk perlu buang-buang duit jika tidak terlalu membutuhkan .

7: RPMs Hard disk adalah segalannya

Kebanyakan orang jika akan membeli hard disk pasti akan tanya berapa kapasitasnya lalu berapa speed RPM-nya 5400, 7200 , 10.000 atau 15.000 rpm. Secara teori memang bener, hard disk dengan RPM yg tinggi akan lebih cepat memutar platter. Tetapi kan ga cuman urusan puter memuter platter aja, yg perlu di cari justru adalah berapa ‘seek time’ dari hard disk tsb. Yang cukup penting diperhatikan juga, adalah berapa besar ukuran cache hard disk dan kecepatan transfer.

9: Butuh fancy hard drive untuk memperoleh ultimate performance

Sederhana saja, teknologi hard disk sudah banyak berubah, dari mulai teknologi magnetic hingga solid state. Jika kita masih setia dengan teknologi magnetic, pada prinsipnya buat si hard disk cepat mengakses platter. maka performa komputer akan menanjak.

10: Cukup pake satu hard disk gede

Memisahkan data antara dua disk (seperti OS umum dan aplikasi pada satu disk dan dokumen pada disk  lain) sebenarnya tidak memberikan keuntungan kinerja yang jauh.

Pada saat yang sama, beberapa disk dapat meningkatkan kinerja besar … jika dimasukkan ke RAID.
Coba lihat informasi di Wikipedia tentang RAID dan apa yg dapat lakukan RAID dan Anda akan melihat mengapa RAID adalah salah satu senjata untuk mendongkrak kinerja .

10 Mitos Performa Komputer

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s