ASUS EEE PC X101 ; Kembalilah ke Netbook




TEMPO Interaktif, Jakarta – Sejak dijual pada 2003, Internet Book atau netbook mulai menggeser pamor notebook. Netbook dianggap lebih praktis, murah, dan mampu menjalankan tugas sederhana.

Menurut perusahaan riset iSuppli, masa kejayaan netbook ada pada 2008. Saat itu jumlah netbook yang terjual sebanyak 13,2 juta unit atau 42 persen dari penjualan seluruh komputer jinjing di dunia.

Namun ketika Apple meluncurkan komputer tablet iPad pada Januari 2010, sinar netbook mulai meredup. Tahun lalu penjualan netbook bahkan anjlok menjadi 39,6 persen. Pada 2013, jumlahnya diprediksi tinggal 13,1 persen.

Sebaliknya, sabak alias komputer tablet telah mencaplok ranah netbook dan diprediksi terdapat sekitar 50 juta unit tablet yang beredar sampai akhir tahun ini.

Melihat animo masyarakat yang terus menurun, ASUS mencoba menggaet kembali perhatian konsumen dengan membawa netbook berdesain menarik.

Dengan ketebalan 17,6 milimeter dan berat tak sampai 1 kilogram, ASUS Eee PC X101 menjadi netbook yang digadang mampu menarik segmen pemula dan pelajar. Tempo sempat mencicipi kinerja komputer langsing ini.

Dari bentuknya tak diragukan bahwa netbook ini memang berbeda. Bodinya yang ramping menarik perhatian setiap mata yang memandang.

Ketika dibuka, terhampar layar seluas 10,1 inci dan kamera 0,3 megapiksel di tengah, deretan keyboard plus trackpad.

Tombol power terletak di sebelah kanan atas keyboard dan di bagian bawahnya terdapat empat lampu indikator untuk daya tahan baterai, solid state drive, wireless/Bluetooth, dan capital lock.

Seperti generasi sebelumnya, ASUS memudahkan pengguna untuk mengetahui kapasitas baterai yang masih tersimpan melalui lampu indikator.

Ketika menyalakan netbook ini, Anda akan disapa oleh sistem operasi MeeGo. Ya, inilah platform patungan antara Nokia Maemo dan Intel Moblin.

Awalnya MeeGo ditujukan untuk perangkat ponsel pintar buatan Nokia. Tapi, Februari lalu, Nokia memutuskan memakai Windows Phone 7 buatan Microsoft.

Tampilan antarmuka netbook ini cukup menarik dengan ikon menu berwarna-warni. Di halaman utama berderet sebelas menu di bagian atas layar, yakni MyZone, Zone, Internet, Status, People, Media, Applications, Device, Networks, penunjuk waktu, dan indikator baterai.

Pada halaman MyZone, pengguna dapat mencantumkan akun jejaring sosial mereka, seperti Facebook atau Twitter, agar tetap terhubung dengan teman.

Khusus untuk pelajar tersedia aplikasi British English Language Learning. Di dalamnya terdapat tahapan pembelajaran, dari tingkat dasar sampai lanjut yang disertai beragam permainan interaktif, video, dan MP3.

Hanya, kami kesulitan untuk melompat dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya ketika membuka beberapa aplikasi secara bersamaan karena tidak ada ikon yang muncul di layar. Akibatnya, pengguna harus kembali ke menu Zone untuk beralih dan mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan.

Selain itu, konsumsi listriknya terbilang boros. Dalam posisi stand by saja daya tahan baterainya tidak sampai empat jam. Jika digunakan terlalu lama tanpa kipas eksternal, bagian bawah laptop ini cepat panas.

Memang dibutuhkan penyesuaian bagi Anda yang tidak terbiasa dengan sistem operasi MeeGo. Tapi jangan khawatir, ASUS juga menyediakan netbook serupa dengan platform Windows 7, yakni ASUS X101H.

Soal harga, Anda juga tak perlu takut kantong bakalan jebol. ASUS netbook yang akan hadir pada September nanti di Indonesia ini dibanderol dengan harga kurang dari Rp 2 juta.

RINI KUSTIANI


Spesifikasi ASUS Eee PC X101

Sistem operasi: MeeGo Linpus Lite
Prosesor: Intel Atom N435 1,3 GHz
Sistem memori: 1024 MB
Layar: 10,1 inci (1024 x 600 piksel)
Konektivitas: 2 port USB 2.0; card reader Micro-SD; web camera; SSD 8 GB
Fitur: ASUS Super Hybrid Engine; British English Language Learning; ASUS AppStore; asus@vibe
Baterai: Li-Ion 2600 mAh
Dimensi: 17,6 mm
Bobot: 920 gram
Warna: Putih, hitam, cokelat, dan merah
Harga: < Rp 2 juta

PLUS:
– Tipis
– Ringan
– Cepat mendeteksi koneksi Internet

MINUS:
– Kipas hard disk berisik
– Boros baterai
– Cepat panas

ASUS EEE PC X101 ; Kembalilah ke Netbook

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s