Garansi HDD Seagate dan WD Dipangkas Jadi 1 Tahun


 

 

CALIFORNIA – Produsen Hard Disk Drive (HDD) Seagate dan Western Digital (WD) berencana memangkas masa garansi produknya dari lima tahun menjadi satu tahun saja. Menurut produsen media penyimpan raksasa itu, hal ini terpaksa dilakukan demi menghemat pengeluaran.

Pemangkasan masa garansi Seagate yang jauh lebih pendek ini akan dimulai pada 31 Desember, sedangkan Western Digital baru akan memulai aksinya pada 2 Januari. Sedangkan HDD yang dikirimkan sebelum tanggal tersebut, tetap akan mendapatkan garansi 5 tahun.

Seagate beralasan bahwa rencana untuk mengurangi periode garansi, sebagai cara untuk membakukan istilah “Untuk lebih konsisten dengan yang umum diterapkan di seluruh industri elektronik konsumen dan teknologi.”

“Dengan menyelaraskan dengan standar industri saat ini, Seagate dapat terus memfokuskan investasi pada inovasi teknologi dan fitur produk yang unik yang mendorong nilai bagi pelanggan kami,” kata perusahaan itu, seperti dilansir Computer World, Selasa (20/12/2011).

Dengan kata lain, Seagate dapat mengarahkan uang yang sebelumnya dibelanjakan untuk ‘memelihara’ garansi, untuk berinvestasi dalam pengembangan produk.

Masa periode garansi Seagate berlaku untuk hard drive internal yang dirancang untuk laptop, desktop dan perangkat elektronik konsumen. Seagate mengatakan tidak ada perubahan garansi HDD untuk bisnis, seperti keluarga Cheetah.

Seagate mengatakan itu adalah mengurangi periode garansi dari lima tahun menjadi tiga tahun untuk produk nearline, seperti seri Constellation 2. Bahkan drive baru hibrida Seagate, Momentus XT, adalah melihat masa garansi dipotong 5-3 tahun.

Dalam sebuah langkah yang lebih radikal, Seagate juga akan mengubah kebijakan garansi dari lima tahun menjadi satu tahun untuk desktop tertentu dan hard drive notebook, seperti Barracuda dan Green drive Barracuda 3.5in 2.5in dan Momentus (5400 dan 7200rpm).

Sementara itu, seorang juru bicara Western Digital mengatakan perusahaan “terus-menerus mengevaluasi campuran terbaik antara fitur produk dan layanan yang bermanfaat bagi basis pelanggan kami secara keseluruhan.”

Western Digital tidak akan memberikan alasan untuk perubahan garansi, namun juru bicara membantah hal itu ada hubungannya dengan banjir di Thailand, yang telah sangat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memproduksi produk.  

Garansi HDD Seagate dan WD Dipangkas Jadi 1 Tahun

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s