Windows 8 Picture Password


CALIFORNIA – Windows 8 akan menawarkan cara log ini baru melalui sistem Picture Password, yang akan menggabungkan gambar koleksi pribadi pengguna dengan gerakan layar sentuh yang unik.

Dilansir melalui PCR, Senin (19/12/2011), Picture Password ini dirancang untuk menyorot bagian-bagian di dalam gambar yang dinilai penting. Raksasa software ini memilih cara tersebut setelah melakukan sebuah penelitian tentang bagaimana orang cenderung menunjukkan hubungan melalui gambar.

“Kami menemukan orang-orang melakukan tiga hal mendasar, yaitu menunjukkan lokasi, menghubungkan wilayah atau menyoroti jalur, dan melampirkan daerah,” kata Zach Pace, Program Manager Microsoft untuk tim You Centered Experience.

“Kami memetakan ide-ide untuk menekan, menggaris, dan melingkar. Masing-masing merupakan seperangkat gerakan minimal yang kami perbolehkan untuk digunakan sebagai penanda bagian gambar yang dinilai penting,” tambahnya.

Detail tentang bagaimana sulitnya untuk memecahkan salah satu password isyarat visual yang dituliskan Microsoft dalam blog-nya, Building Windows 8, mengindikasikan kesimpulan bahwa mereka sangat senang dengan kekokohan sistem tersebut.

“Melalui penelitian dan penyempurnaan dari pengalaman dan konsep, kami percaya kami telah mencapai sebuah metode sign in yang aman, namun tetap menyenangkan,” kata Pace.

“Kami mencintai Picture Password, dan tambahan rasa personal yang dibawanya ke Windows 8, dan kami harap Anda merasakannya juga,” tambahnya. 

Seperti yang kita tahu, cara teraman dari sebuah sistem komputer adalah dengan menggunakan password, tidak hanya komputer saja sebenarnya, tapi juga semua aspek dunia teknologi, dan bagi Microsoft, password biasa yang sekedar kumpulan karakter saja masih belum cukup, dan inilah yang Microsoft coba perbaiki, picture password adalah cara baru untuk sign-in ke Windows 8, dan ini baru hadir di “Developer Preview”.

Apalagi, dalam password yang aman, terkadang kita harus mengetik sebuah kalimat yang panjang, dan hanya kita yang bisa ingat, hal inilah yang dianggap tidak praktis oleh Microsoft dan melalui picture password, bisa lebih cepat. Inti dari picture password adalah anda menggunakan sebuah foto anda untuk sign-in, dan fitur ini hanya bekerja di perangkat layar sentuh, contoh smartphone, tablet, dan touchscreen PC, karena dalam fitur ini, sistem membaca gerakan tangan dan sangat diperlukan.

Setelah ada 1 foto yang dipilih, fitur picture password merekam tiga gerakan di layar, bisa sebuah ketukan (tap), garis yang dibuat di antara dua titik, atau lingkaran, setelah memasukkan tiga gerakan tersebut, perangkat akan memilih foto anda agar anda bisa login, lalu tentunya anda harus mengulang gerakan-gerakan tersebut untuk login, jika benar semua, baik secara urutan, dan tepat, maka anda bisa menggunakan komputer.

Kelihatannya rumit? Yah mari kita tunggu peluncuran Windows 8 secara final demi merasakan fitur ini, yang jelas, good job Microsoft!

Windows 8 Picture Password

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s