Nikon D4 : Inilah Kamera 54 jt-an


Kamera DSLR di kategori full frame resmi dirilis Nikon. Dengan FX-format CMOS sensor 16.2 MP yang dimiliki Nikon D4, kamera ini turut menjanjikan kecepatan dan akurasi yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

D4 memakai prosessor Expeed 3 dan ISO yang otomatis menyesuaikan panjang fokal. Kecepatan mode burstnya mencapai 10fps dalam resolusi penuh, dengan autofocus yang terus menerus (continuous autofocus).

Nikon membenamkan 51-point AF system di mana ia akan sangat membantu fotografer saat menentukan fokus dalam situasi low-light. Sistem autofokus kencang ini diklaim Nikon lebih baik dibandingkan D3 dan D3s.

Bagi yang gemar mengabadikan moment dalam format video, D4 menawarkan perekaman video HD 1080p dengan 30fps dan 720p di 60 fps.

Pengalaman merekam video ini diperkaya dengan kontrol manual saat melakukan shooting. Pengguna pun juga bebas mengubah aperture (bukaan) ketika beraksi. Noise reduction dan headphone jack sudah melengkapi fitur video ini.

Menilik ke body fisik, Nikon D4 yang berbobot 2.29 Pound ini dibalut dengan magnesium-alloy. 2 slot kartu (satu untuk CompactFlash dan satu XQD) ditempatkan di sini. LCDnya disajikan dengan ukuran 3.2 inch dan ia memiliki 91.000 piksel RGB metering.

Kamera yang memiliki ISO 100-12.800 dan bisa dimaksimalkan hingga 204.000 tersebut dijadwalkan meluncur pada bulan depan. Produsen kamera asal Jepang melabeli kamera profesional ini dengan angka USD 6.000 atau sekitar Rp 54 juta (USD1=Rp 9.000).

 

Sebagai perbandingan, pesaingnya yakni Canon EOS 1DX dibanderol dengan harga USD 6.800 (Rp 62 juta). Kamera berkekuatan 18 MP ini rencananya akan dipasarkan bersamaan dengan D4.

Nikon D4 : Inilah Kamera 54 jt-an

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s