Colek si Mini iPad


Jakarta – Tak butuh waktu lama untuk iPad Mini sampai ke Indonesia. Memang, tablet kecil Apple ini bukan datang lewat jalur resmi. Dengan status ‘Black Market/BM’ yang disandangnya, pantas ia dihargai mahal.

Penelusuran detikINET di forum jual beli, Senin (5/11/2012), penjual iPad Mini sudah menyesaki toko dunia mayanya. Harga yang ditawarkan pun relatif, berbeda dari satu penjual ke penjual yang lainnya.

Di salah satu penjual misalnya, dia menjual iPad Mini versi WiFi 16 GB dengan harga Rp 4,7 juta. Itu termasuk paling murah yang ditelusuri, sebab ada beberapa penjual yang membanderol dengan ukuran sama dengan harga Rp 5,2 – Rp 5,3 juta.

Padahal Apple Store sendiri mematok harga USD 329 atau sekitar Rp 3,1 juta (USD 1 = Rp 9,615). Artinya satu penjual bisa menaikkan harga dari harga yang sudah ditetapkan antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 jutaan.

Pun demikian dengan versi lain dari iPad Mini ‘BM’, untuk versi 32 GB misalnya dijual dengan harga kisaran Rp 5,899 juta hingga Rp 6,250 juta. Sedangkan dari Apple untuk ukuran tersebut dilepas USD 429 atau sekitar Rp 4,1 jutaan.

Walau harga yang dipasangkan tergolong mahal dari price tag aslinya, jangan berharap bisa mendapatkan dengan mudah. Pasalnya, lima dari 10 penjual yang detikINET telusuri rata-rata menyisakan beberapa stok saja.

Bila tak sabar untuk mendapatkan iPad Mini ini, silakan Anda ‘berjalan-jalan’ ke forum jual beli tersebut dan tentunya sambil menilik harganya dengan seksama.

Berikut daftar rata-rata harga iPad Mini WiFi only di forum jual beli, yang satu sama lain bisa saja berbeda harganya.

  • iPad Mini 16 GB White Rp 4.899.000
  • iPad Mini 32 GB White/Black Rp 5.899.000
  • iPad Mini 64 GB White/Black Rp 6.899.000

Quick Review

iPad mini vs iPad Ori

iPad mini seolah-olah hanya sebuah iPad 2 yang diperkecil. Benarkah? Bagaimana jika dibandingkan dengan 2 saingannya Nexus 7 dan Kindle Fire HD?

PERMUKAAN: iPad mini sebetulnya tablet yang sangat indah, bukan hanya karena penampilannya tapi juga berkat bahan berkualitas tinggi.

Panel kiri dan kanan pada iPad mini telah dipersempit untuk membuat perangkat lebih mudah dipegang dengan satu tangan. Hal ini juga memberikan iPad mini tampilan lebih elegan dan canggih dibandingkan dengan apa yang terjadi jika semua sisi bezel sama lebar.

Layar 7,9 inci milik iPad mini masih lebih besar ketimbang pesaingnya Nexus 7 dan Kindle Fire HD dengan layar 7 inci.

iPad mini tidak memiliki fitur Retina Display, padahal iPad 2 yang hadir lebih dulu dilengkapi fitur tersebut. Banyak pihak menyayangkan hal ini.

MULTIMEDIA: iPad mini memiliki kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1,2 MP. Dengan memakai merek iSight, mengisyaratkan bahwa foto yang dihasilkan mungkin mirip iPhone 4 atau 4S.

Kamera depan cukup baik untuk HD video call melalui FaceTime atau beberapa layanan lainnya.

iPad mini hadir dengan versi terbaru dari iOS 6 dan tentu saja mampu menjalankan setiap aplikasi yang tersedia di App Store.

PLUS:
– Kamera dan video berkualitas tinggi

MINUS:
– Resolusi layar lebih rendah dibandingkan Nexus 7 dan Kindle Fire HD
– Prosesor lebih rendah dari Nexus 7
– Tidak ada Retina Display

Specs

  • Sistem operasi: iOS6
  • Layar: IPS, 7.9 inci, 1024×768 (163 ppi)
  • Dimensi: 20×13.5×7.2 cm
  • Bobot: 308 gram (WiFi Only)/ 312 gram (WiFi+seluler)
  • Kamera: 5 MP (belakang), 1.2 MP (depan)
  • Baterai: “16.3 watt hour”, masa hidup 10 jam
  • Port: Lightning
  • Pilihan warna: Hitam dan Putih
Colek si Mini iPad

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s