Dolphins’ Monitoring


 

 

did you know

Seperti manusia, kebanyakan binatang juga memejamkan mata saat sedang tidur. Tapi lumba-lumba tidak. Saat tidur, mamalia air ini tetap membiarkan matanya terbuka.

Ternyata lumba-lumba bisa tahan tidak tidur hingga setengah bulan, alias 15 hari! Hal ini karena mereka dikaruniai kemampuan untuk mengaktifkan setengah dari otak mereka saat mereka tidur sekalipun. Para ahli mengatakan, kemampuan mengaktifkan setengah otak mereka inilah yang menjadi kunci dari kemampuan mereka bertaham di alam bebas. Hal ini memungkinkan mereka untuk sering naik ke permukaan air dan tetap waspada terhadap kehadiran hiu.
Mata lumba-lumba tetap terbuka saat tidur karena ia harus selalu waspada terhadap keadaan di sekelilingnya. Karena sewaktu-waktu bisa saja lumba-lumba diserang oleh pemangsanya. Sam Ridgway dari Badan Peneliti Mamalia Angkatan Laut Amerika Serikat meneliti efek dari kebiasaan tidur lumba-lumba dengan mata terbuka.

Ridgway dan tim penelitinya melatih dua ekor lumba-lumba untuk merespon suara yang muncul setiap 1,5 detik. Suara tersesbut diperdengarkan saat lumba-lumba tidak tidur, dan mereka meresponnya dengan baik.

Lalu, lumba-lumba tersebut juga diperdengarkan suara saat mereka tidur dengan mata terbuka. Hasilnya, lumba-lumba tetap merespons suara tersebut. Kemampuan itulah yang membuat lumba-lumba bisa tetap waspada meskipun dalam keadaan tertidur.

Kemampuan memonitor lingkungan mereka secara terus-menerus tanpa jeda ini, menurut para ahli adalah sebuah kemampuan yang ekstrem.

 

Dolphins’ Monitoring

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s