Next 5, Trend Teknologi dan Bisnis IT


cloud-indo

Menurut analisa  Gartner, sedikitnya per hari  ada sekitar 204 juta email yang dikirim, 61.000 jam musik di putar  di Pandora, 20 juta view dan 3 juta foto di upload ke Flickr, 100.000 tweet, 6 juta view dan  277,000 Facebook login, dan  2 juta pencarian via search engine Google.

Inti dari dari fakta diatas cloud, big data, social, dan mobile akan menjadi tren teknologi. Berikut ini adalah 10 hal  yang akan  menjadi “critical” di bidang teknologi IT  setidaknya untuk  lima tahun ke depan

Perubahan Organisasi

Pada 2014, 30% organisasi menggunakan Sass akan kembali ke aplikasi on-premise karena tingkat layanan yang buruk/ SLA tidak tercapai.Ada pertumbuhan IT  yang cukup  signifikan dan kompleks.

Siklus perubahan yang lebih cepat, jadwal yang lebih pendek, serta anggaran yang berkurang. Kebutuhan akan dukungan 24/7/365 .

End user yang mengendalikan IT, menuntut akses ke iPads atau iPhone, dan smartphone lainnya. End-user juga  mengendalikan IT untuk melakukan perubahan. Ada juga “pergeseran keterampilan,” dengan banyak orang IT yang pensiun, dan  dibutuhkan karyawan baru dengan skill set yang baru pula tentunya.

Software-defined networks

Cara baru untuk mengoperasikan jaringan, di mana kontrol dari jaringan bergerak ke OS. Kontrol terpusat untuk setiap perangkat individu yang tersambung ke jaringan.Memungkinkan konfigurasi jaringan dari satu tempat.

Anggap saja sebagai virtualisasi jaringan. Lokasi data center fisik tidak lagi relevan, menciptakan lingkungan yang benar-benar virtual. Waktu yang di perlukan untuk penyediaan sumber daya baru akan semakin singkat. Beban kerja yang melintasi antar data center. 

Kebutuhan besar akan data dan storage

Pada tahun 2015, permintaan data yang besar akan menghasilkan 1 juta pekerjaan, tetapi hanya sepertiga akan terisis karena kurangnya bakat  sumber daya manusia.

Secara majemuk ada sekitar 30% -60% pertumbuhan data  tergantung pada organisasi. 15% -20% dari server saat ini tidak di manfaatkan dengan maksimal.

Audit, arsip dan pemulihan data akan semakin kompleks.Analisa dan pengenalan pola adalah kunci. Server berbasis ARM akan muncul (teknologi microserver) untuk melakukan analisis khusus. Dengan microserver akan mendapatkan kinerja yang lebih dalam ukuran yang lebih kecil, serta kebutuhan daya yang berkurang.
  

 cloud-prospect

Hybrid Cloud Services

Hybrid cloud terdiri dari layanan dari beberapa provider.
Kombinasi  public dan private cloud akan digunakan sebagai perpanjangan IT.

Gartner melihat  private cloud lebih lincah dan akan mendominasi  era cloud mendatang. Orang-orang akan melihat cloud sebagai cara untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, terutama “mobile apps”

Hybrid cloud akan menjadi pilihan IT untuk meningkatkan kemampuan dan atau kapasitas. Data center  hybrid akan menjadi kebututahn di masa depan .

IT dapat memindahkan pekerjaan non-kritis ke public cloud dan untuk yang membutuhkan SLA lebih tinggi bisa di alihkan ke private cloud.  Beban operasional awal akan  meningkat, tapi secara jangka panjang akan menghemat  belanja modal.
   

Client dan  Server Arsitektur

Satu ukuran tidak cocok untuk semua. Satu OS tidak cocok untuk semua.Faktor bentuk tidak lagi statis. Tablet akan semakin luas di gunakan, standardisasi perangkat  untuk end-user tidak akan bekerja, akhirnya end-user akan diberikan  sesuai apa yang mereka inginkan.End-user akan meminta  jaringan nirkabel,instant messagingtablet dan smartphone.

Internet

Internet akan semakin murah menggunakan perangkat kecil. Semuanya akan memiliki kemampuan radio dan GPS, self-assembling mesh network dan Location aware.  Semua device akan  memiliki alamat IP dan dapat dilacak.

Sebagian besar mobil baru akan memiliki fitur “sosial network”. Lampu penerangan jalan di buat seperti jaringan. Perangkat mobile akan ada di mana-mana. Sensor tertanam, pengenalan gambar, augmented reality, near field communication. Hasilnya adalah pendukung keputusan situasional, manajemen aset, lebih transparan. Banyak, banyak, dan banyak lagi peluang bisnis dengan internet.Tapi itu semua menambah kompleksitas IT, membawa lebih banyak bisnis fiber optic (FO)  ke dunia IT.
   

IT Appliance

Appliance virtual  akan menambah kompleksitas. Bebeerapa appliance untuk beban kerja tertentu untuk pemantauan persediaan,pemantauan keamanan. Akan semakin mudah tetapi juga semakin kompleks.
   

Operational Complexity

Pada 2014, perangkat end-user akan terganggu oleh malware dua kali lipat di bandingkan perangkat milik perusahaan. Untuk setiap kenaikan 25% dalam fungsi dari suatu sistem, ada kenaikan 100% dalam kompleksitas.

Cisco 6500 akan memiliki 2.390 halaman instalasi dan informasi referensi. Database Oracle 10g akan memiliki 1.677 parameter. Exchange server di VMware ada 115 kinerja / kapasitas pengaturan.
   

Virtual Data Centers

Rasio server virtual dan server fisik akan menjadi sekitar 11 banding 1. Virtualisasi menciptakan sumber daya murah.Menyediakan server dalam beberapa menit. Sumber daya yang didistribusikan, dapat didistribusikan di seluruh pusat data dan geografi. IT akan fokus pada distribusi beban kerja tertentu, daripada fokus pada server fisik.Segmentasi aplikasi lama dan aplikasi baru yang meningkat, ditambah lagi layanan cloud dan lingkungan hybrid.
   

IT demand
Pada 2017, sekitar 40% dari kontak informasi perusahaan akan bocor ke Facebook melalui perangkat mobile karyawan. beban kerja server tumbu 10% per tahun. Permintaan bandwidth jaringan berkembang 35%. Kapasitas penyimpanan, 50%. Biaya listrik naik 20%. Menyiapkan kapasitas lebih di atas permintaan bukanlah solusi, perlu mengoptimalkan kapasitas dengan cara baru: virtualisasi, data deduplication, dll.

Lebih dari 1,5 miliar halaman web dapat diakses, 450.000 aplikasi iPhone, lebih dari 200.000 aplikasi Android, 10.500 stasiun radio, 5.500 majalah. Semua akan menjadi  permintaan baru  untuk IT.

Rekomendasi Gartner

  • Siapkan perubahan organisasi baik eksternal dan internal
  • Perangkat lunak jaringan sedang datang, mulailah memperbarui skill-sets.
  • Layanan hybrid cloud akan berkembang pesat.
  • Akan muncul hal-hal baru lain di Internet , maka perlu bersiap-siap dari sekarang.

Sumber

Next 5, Trend Teknologi dan Bisnis IT

2 thoughts on “Next 5, Trend Teknologi dan Bisnis IT

  1. Dengan modal skill dan ketrampilan dalam bidang IT sudah bisa buka bisnis.
    Sangat cocok banget untuk anak IT, hidup untuk anak IT.

    Semoga kita semua sukses dengan bisnis IT.
    Aminkan ya?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s