270613 BBM iPhone & Android


bbm_sambangi_iphone_android

BlackBerry akhirnya mengumumkan tanggal rilis BBM di platform iPhone dan smartphone Android. Lewat kicauan di akun Twitter @bbworldwid, BlackBerry merilis BBM for iPhone dan Android akan tersedia pada 27 Juni mendatang

BlackBerry mulai memberi petunjuk soal kedatangan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) untuk perangkat Android dan iPhone.

Dalam rapat laporan keuangan kuartal pertama 2013, Jumat (28/6/2013), CEO BlackBerry Thorsten Heins menyatakan, BBM di Android dan IOS akan dirilis sebelum musim panas berakhir. Namun, ia tak menyebut tanggal pasti peluncuran BBM di kedua platform kompetitornya itu.

Di Kanada, lokasi kantor pusat BlackBerry, musim panas berlangsung mulai Juni hingga November. Waktu musim panas ini tak jauh berbeda dengan beberapa wilayah di Amerika Serikat.

Ini berarti, BBM akan tersedia di Android dan iPhone paling lambat pada Oktober atau November mendatang. Meski demikian, tak menutup kemungkinan pada Agustus atau September. Heins sendiri pernah menjanjikan aplikasi tersebut akan dirilis pada Juli 2013.

BlackBerry telah membuat halaman situs web khusus yang memberi informasi soal kedatangan aplikasi BBM di Android dan iOS. Anda bisa mengunjungi situs web itu dengan mengklik tautan ini. Dengan memasukkan alamat e-mail, Anda akan mendapat informasi kedatangan aplikasi BBM.

Pengguna iPhone akan membutuhkan setidaknya iOS 6 untuk bisa menggunakan BBM, sementara pengguna Android minimal memakai Ice Cream Sandwich. Tak ada kalimat  mengenai Windows Phone.

Todd Haselton dari Technobuffalo mengatakan, ada dampak positif dan negatif dari langkah BlackBerry tersebut.

Dampak positifnya, akan makin banyak pengguna yang mengenal merek BlackBerry. Kedua, perusahaan asal Kanada itu mengaku BBM versi Android dan iOS akan menawarkan layanan pesan dan group chat, tetapi pengguna tak akan bisa melakukan panggilan video, berbagi layar dan berbagai keunggulan lain yang hanya ada di perangkat BlackBerry.

Kekurangan tersebut bisa memicu dua hal. Pertama, pengguna yang melihat kekurangan BBM di Android dan iOS akan beralih ke BlackBerry, atau mereka meninggalkan BBM dan tetap memilih aplikasi lain, seperti WhatsApp, WeChat, Line dan sebagainya.

Bisa pula BlackBerry menawarkan opsi lain. Misalnya, agar pengguna Android dan iOS bisa menikmati fitur penuh BBM, mereka harus membayar biaya berlangganan.

Dampak buruknya, sudah jelas ketergantungan orang terhadap BBM di perangkat BB akan tergerus seiring dengan kehadiran aplikasi ini di Android dan iOS. Buat apa lagi punya BB kalau BBM bisa juga dinikmati di Android dan iPhone? Sementara BB selama ini lekat dengan istilah “lemot”?

 

Bagaimana menurut Anda?

270613 BBM iPhone & Android

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s