Octa Core 4G = Smartphone 2014


Teknologi semiconductor semakin dasyat…

mediatek

Mediatek sudah mengumumkan chip MT6592 sejak beberapa bulan lalu, baru kemarin mereka resmi merilis chipset tersebut. Keistimewaan chip ini adalah memiliki 8 inti prosesor yang benar-benar berjalan semuanya.

 Sehingga Mediatek mengklaimnya sebagai chip 8 core sejati. Chipset yang diproduksi dengan menggunakan metode 28nm ini akan menggunakan 8 buah core Cortec A7 dan memiliki kemampuan Heterogeneous Multi-Processing untuk membuatnya mampu beroperasi seluruhnya secara bersamaan.
mediatek2
MEDIATEK vs SNAPDRAGON

Berdasarkan laporan dari GizChina, chipset MediaTek MT6592 octa-core dengan kecepatan 2GHz mampu menghasilkan skor 32.606 poin di AnTuTu benchmark. Ini hampir mengimbangi Snapdragon 800 yang menghasilkan skor yang bervariasi antara 31.000 hingga 35.000 poin.

Tak hanya itu, MediaTek MT6592 juga pamer kekuatan dan performa di kecepatan yang lebih rendah, yakni 1,7GHz. Skor yang dihasilkan oleh chipset 8 core MediaTek MT6592 dengan kecepatan 1,7GHz masih cukup tinggi di AnTuTu benchmark, yakni hampir 30.000 poin.

MEDIATEK vs EXYNOS

Chipset MediaTek MT6592 ini mengusung prosesor 8 core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,7GHz hingga 2GHz yang dibuat dengan proses fabrikasi 28nm. MediaTek MT6592 ini berbeda dengan chipset 8 core Big.Little Exynos 5 Octa besutan Samsung karena kedelapan core MediaTek dapat bekerja simultan.

CORE SPEED
Tingkat kecepatan maksimal dari masing-masing core akan berkisar antara 1,7GHz – 2GHz, tergantung kebutuhan aplikasi yang digunakan. Dengan arsitektur 28nm dan kemampuan clock hingga 2GHz, Mediatek mengklaim 8 inti ini bisa digunakan tanpa terkena overheating.Algoritma terjadwal dari Mediatek akan memantau temperatur dan konsumsi daya untuk memastikan chipset tersebut melakukan performa yang optimal.
VIDEO PLAYBACK
Di MediaTek terdapat subsistem multimedia dengan sebuah engine grafis quadcore dan sebuah sistem playback video yang mendukung hingga resolusi 4K Ultra HD (3840×2160 piksel).

Yang cukup menarik adalah teknologi Clear Motion dari Mediatek mengkonversi video dengan framerate 24 atau 30 fps menjadi 60 fps untuk memastikan playback yang lebih smooth. Apakah fitur ini benar-benar membuat gerakan dalam video menjadi halus (seperti fitur fast motion di LED TV kelas atas, yang melakukan interpolasi sedemikian rupa terhadap framerate sehingga gerakan terasa sangat halus) atau hanya gimmick, kita tunggu saja.Selain itu, chipset ini juga mendukung kamera 16 MP dan layar Full HD. Untuk konektivitas, chip 8 inti ini mendukung WiFi dual band 801.11n, Miracast, Bluetooth, GPS dan Radio FM. Satu-satunya fitur yang masih membuat MediaTek tertinggal jika dibandingkan dengan Qualcomm adalah dukungan 4G di dalam chipset mereka.
CONNECTION

General Manager Xie Qingjiang mengungkapkan bahwa perusahaannya siap meluncurkan sebuah modem 4G akhir tahun ini, dan modem tersebut siap disertakan dalam produk chipset MediaTek mendatang yang beredar di paruh pertama 2014.
Octa Core 4G = Smartphone 2014

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s