10 Trend Teknologi 2014


Gartner memprediksi sepuluh teknologi yang akan “booming” di tahun 2014.

it-trends-2014

1. Mobile Device Diversity & Management

Gartner2014Trends02

Berbagai pertumbuhan perangkat, gaya komputasi, konteks pengguna dan paradigma interaksi akan membuat  BYOD akan meningkat 2 atau 3 kali lipat. Hal ini menempatkan tekanan yang luar biasa pada IT . Kebijakan perusahaan pada penggunaan hardware milik karyawan harus benar-benar dikaji dan, jika perlu, diperbarui dan diperluas. Sebagian besar perusahaan hanya memiliki kebijakan bagi karyawan mengakses jaringan mereka melalui perangkat milik dan di kelola perusahaan.

2. Mobile Apps & Application

Gartner2014Trends03

Gartner memprediksi bahwa sampai dengan 2014 , peningkatan kinerja JavaScript akan mulai mendorong HTML5 . Aplikasi mobile akan terus tumbuh, aplikasi lebih kecil dan  bertarget , sementara aplikasi yang lebih besar akan lebih komprehensif .

3. The Internet of Everything

Gartner2014Trends04

Internet akan melampaui perkembangan PC. Perangkat mobile menjadi aset perusahaan, peralatan lapangan, dan barang-barang konsumen seperti mobil dan televisi. Masalahnya adalah bahwa sebagian besar organisasi, perusahaan dan vendor teknologi belum mengeksplorasi kemungkinan bahwa Internet semakin diperluas fungsinya.

4. Hybrid Cloud and IT as Service Broker

Gartner2014Trends05

Menyatukan personal cloud dan private cloud eksternal adalah suatu keharusan. Perusahaan harus merancang layanan private cloud  dengan interoperabilitas layaana  hybrid cloud . Istilah seperti ” overdrafting ” dan ” cloudbursting ” sering digunakan untuk menggambarkan apa komputasi hybrid cloud . Namun, sebagian besar layanan hybrid cloud akan jauh lebih dinamis daripada itu.

5. Cloud Architecture

Gartner2014Trends06

Cloud computing model / klien sedang berubah. Dalam arsitektur cloud, istilah Client adalah aplikasi yang kaya yang berjalan pada perangkat yang tersambung ke Internet, dan server adalah satu set layanan aplikasi host di platform komputasi cloud yang semakin elastis dan scalable. Aplikasi berbasis browser, kekuatannya akan meningkat dengan tersedianya browser di  banyak perangkat klien baik mobile maupun desktop.

6. The Era Personal Cloud

Gartner2014Trends07

Era cloud pribadi akan menandai pergeseran kekuasaan dari perangkat ke pelayanan. Dalam dunia baru ini, spesifikasi perangkat akan menjadi kurang penting. Pengguna akan menggunakan koleksi perangkat, mobile maupun dengan PC , tapi tidak ada satu perangkat akan menjadi hub utama. Sebaliknya, personal cloud akan mengambil peran itu. Akses ke cloud dan konten yang disimpan atau dibagi dari cloud itu sendiri.

7. Software Defined Anything

Gartner2014Trends08

SDX adalah istilah kolektif yang merangkum momentum pasar yang berkembang untuk meningkatkan standar programabilitas infrastruktur dan interoperabilitas datacenter yang didorong oleh otomatisasi yang melekat pada komputasi awan.SDX juga menggabungkan berbagai inisiatif seperti OpenStack, OpenFlow, dan Open Rack, yang berbagi visi yang sama.

8. Web Scale IT

Gartner2014Trends09

Web- skala IT adalah pola komputasi kelas global yang memberikan kemampuan  layanan cloud dalam skala besar seperti Amazon , Google , Facebook , dll . Jika perusahaan ingin mengikuti mereka , maka perlu meniru arsitektur , proses dan praktek dari penyedia cloud tersebut . Gartner menyebut kombinasi dari semua elemen web skala IT .

Web- skala TI mengubah rantai nilai IT secara sistemik . Datacenter dirancang dengan perspektif teknik industri  mengurangi biaya, menjadi lebih hemat energi juga termasuk desain  komponen hardware utama seperti server , storage dan jaringan . Arsitektur web – berorientasi memungkinkan pengembang untuk membangun sistem yang sangat fleksibel dan tangguh serta recovery sistem yang lebih cepat.

9. Smart Machines

Gartner2014Trends10

Era mesin cerdas akan berkembang dengan cepatp, asisten pribadi yang cerdas, penasihat pintar (seperti IBM Watson), sistem industri maju global dan kendaraan otonom akan muncul.

10. 3D Printing

Gartner2014Trends11

Pengiriman seluruh dunia printer 3D diperkirakan akan tumbuh 75 persen pada tahun 2014 diikuti oleh hampir dua kali lipat dari pengiriman unit pada tahun 2015. Pasar konsumen telah membuat organisasi menyadari fakta cetak 3D adalah sarana yang nyata, layak dan hemat biaya untuk mengurangi biaya melalui perbaikan desain, prototyping efisien dan manufaktur jangka pendek.

2014 …Read…Set.. and Go !

10 Trend Teknologi 2014

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s