Booming Cloud


cartoon-Apr-4

PREDIKSI 

Booming..banjir…or whatever …penerimaan teknologi cloud  di Indonesia mungkin  belum “meledak” sekarang…tidak di tahun ini ataupun tahun kemarin. Adopsi cloud di Indonesia secara masif kemungkinan akan terjadi dalam waktu 2-3 tahun ke depan.

Cloud_Index_White_Paper-05

Khusus untuk kawasan Asia Tenggara, di mana tahun depan adalah pasar bebas SEA mau tidak mau akan mendorong terjadinya lonjakan akan khususnya di bagian infrastruktur. Perlu jalan yang mulus, pelabuhan yang luas, dan tentunya sistem IT yang terpadu dan efisien untuk mendukung bisnis lokal tetapi sudah lintas negara.

 

HAMBATAN

Kendala  atau tantangan dari sisi infrastruktur dan percayaan konsumen saat ini masih menghambat laju adopsi. Tetapi hal ini sifatnya hanya sementara saja. Masih ingat di awal tahun 2000-an…di saat infrastruktur internet sebagian besar masih  “powered by dial-up modem”, membayangkan koneksi broadband seperti mimpi di siang bolong. Broadband identik dengan muahal.

Kalo masih kurang menyakinkan, coba flashback perkembangan teknologi komunikasi. Dari warnet yang pulsa-nya per menit bikin kantong bolong sekarang malah gak laku. Smartphone apapun namanya sudah beralih fungsi , traffic voice / SMS pun mulai ditinggalkan. Yang naik traffid data..buat WA, twitteran,facebookan. Tidak bisa di bilang gratis..tapi harganya memang sangat murah dibandingkan 10 tahun yang lalu. Coba bandingkan dengan saat ini, paket internet di jual kayak jual kacang goreng…tinggal pilih saja sesuai kemampuan kantong.

Hambatan lainnya adalah  keamanan. Meski vendor-vendor cloud computing telah menyakinkan bahwa solusinya mendapatkan sertifikasi aman dari berbagai pihak, tapi belum bisa meyakinkan konsumen. Yang super secure pake SSL aja bisa di jebol gara-gara “si heartbleed”

https

 

Dan yang paling mendasar adalah dari sisi costing…layanan cloud masih di anggap mahal bagi sebagian besar SMB. Terlepas dari  kemampuan financial tiap perusahaan sebenarnya layanan cloud (public) sekarang ini masih di bandingkan dengan layanan internet tradisional seperti web hosting. Angka  bulanan terlihat besar..opex-nya tinggi, padahal capex-nya boleh di katakan minim karena tidak perlu menyediakan server, storage, dan manpower khusus.

 

SYARAT CLOUD

Syarat utama implementasi cloud (public / hybrid) adalah infrastruktur  yang reliable. Kenapa infrastruktur (dalam hal ini jaringan)  penting ? Cloud berjalan di atas jaringan / internet. Komputasi di awan ini akan wara-wiri di jalur data. Hitung di Jakarta…tampilkan hasilnya di Papua.

Apakah cloud bisa di jalankan di lokal ? Tanpa internet ? Jawabannya bisa saja, cloud yang seperti ini akan di sering disebut sebagai private cloud. Cloud milik sendiri…tentunya untuk membangun layanan cloud jenis ini perlu modal yang lebih gede. Karena harus menyediakan infrastruktur yang lengkap (server, storage, network, datacenter, dst). Capex-nya gede…namun opex-nya bisa jadi kecil apalagi jika private coud ini dipakai secara bersama-sama. sehingga ongkos produksi / biaya operasional bisa di tanggung bersama.

Siapakah yang cocok meng-implementasikan private cloud ? Salah satunya adalah pemerintahan ataupun public sector yang lain yang secara organisasi cukup gemuk tetapi masih bisa di konsulidasikan.

POTENSI

Indonesia adalah negara yang eksentrik … eksis di sosmed, demen selfie,  jago twit… no.1 .Siapa yang akan menyangka muncul dari negara dengan populasi n0.4  terbesar dunia. Jika sekitar 20-30% saja  rakyat indonesia sudah mengkomsusi internet, tentunya prediksi booming cloud di tahun 2015, 2016 atau 2017  bukan isapan jempol. Waktu akan menentukan takdir cloud di Indonesia.. lihatlah.

 

 

Booming Cloud

One thought on “Booming Cloud

  1. Sekedar saran, akan lebih bijak jika setiap content artikel (gambar, artikel, dll) yang saudara posting di Blog anda, diberikan source / sumber data yang didapat, karena hal kecil tersebut amat penting dalam menjaga validitas artikel anda, dan secara tidak langsung berpotensi menaikkan jumlah visitor blog anda.

    Sekedar saran yang membangun, Terima kasih

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s