Nokia 75 jt.


nokia1100

Yang tersisa dari epic  Nokia Senter… sebuah merk yg “di habisi*”  Microsoft (*di akusisi)

Nokia 1100 adalah  ponsel sejuta umat yang banyak sekali peminatnya, karena harganya yang cukup terjangakau dan juga sangat banyak sekali yang menggunakannya pada zaman ponsel terebut. Dan yang paling bagus dan di unggulkan dari ponsel nokia ini yaitu, kuat dalam hal bodynya, banyak sekali orang yang mencoba atau tidak sengaja menjatuhkan ponsel ini ke tanah atau ke lantai yang keras, dan ajaibnya ponsel ini masih kuat dan berfungsi dengan baik.

Memecahkan rekor penjualan Samsung Galaxy S3 dan juga Iphone 4S, seperti di kutip dari Wikipedia, yaitu handphone Nokia 1100 ini terjual lebih dari 250 juta unit di seluruh dunia. Berkat handphone inilah Nokia kemudian dijuluki sebagai handphone sejuta umat. Jumlah penjualan tersebut mengalahkan catatan rekor iPhone 4S yang ‘hanya’ lebih dari 70 juta unit ataupun Samsung Galaxy S III yang tingkat penjualannya masih berkisar pada angka 30 juta unit per September 2012.

 

Cerita handphone sejuta umat ini tidak hanya sampai di rekor penjualan saja.. sisi gelap dari hp ini tidak kalah lebih menarik.

Di pakai dari tukang ojek, loper koran hingga hacker kelas dunia.

Pada akhir Agustus 2014 lalu, peretasan bank dengan memanfaatkan peranti lunak ponsel kembali terjadi.

Di beberapa negara maju, sistem perbankan biasanya mengirim sebuah kode yang disebut mTAN (mobile Transaction Authentication Number) untuk mentransfer uang ke rekening tertentu. Dengan memanipulasi perangkat lunak pada ponsel Nokia 1100, kode ini dapat diambil dengan mudah oleh para kriminal.

JP Morgan dan empat bank besar lainnya di Amerika Serikat menjadi sasaran peretas. Penjahat siber disinyalir mencuri data dengan membobol sistem JP Morgan melalui transaksi antara bank dengan peritail atau konsumen. Hal serupa yang dapat dilakukan dengan menggunakan Nokia 1100.

nokia1100-hack

Bukan untuk masyarakat awam, ponsel ini menjadi primadona untuk para penjahat siber di Eropa untuk melakukan pembobolan rekening bank.

Namun, tak semua ponsel Nokia 1100 dapat digunakan untuk membobol rekening bank. Hanya Nokia 1100 buatan Jerman saja yang bisa melakukannya.

nokia-1100

Nokia 1100 adalah ponsel lawas yang pernah mencapai harga 5.000 euro atau Rp 75 juta rupiah.

Nokia 1100 dimodifikasi agar dapat melakukan dekripsi firmware. Setelah itu nomor identitas ponsel seperti IMEI (International Mobile Equipment Identity) bisa diubah dengan mudah yang berfungsi mendaftarkan nomor ponsel ke operator.

Untuk menyadap transaksi perbankan, firmware yang telah dimodifikasi itu dimasukan kembali pada ponsel. Kemudian, peretas harus melakukan kloning pada kartu SIM dan secara teknis, hal ini sangat mudah untuk dilakukan.

Beralihnya fungsi ponsel dari alat komunikasi menjadi alat kejahatan membuat harga Nokia 1100 melambung sangat tinggi meskipun umur ponsel itu sekarang sudah lebih dari 10 tahun.

 

Nokia 75 jt.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s