Mengenal Managed Service


Pada saat ini trend layanan IT sedang bergeser dari layanan jaman dulu yang di kenal dengan “Break-Fix” (Rusak-Perbaiki) menjadi “Managed Service” (Layanan yang di atur).

Apa itu Break Fix Scenario  ?

  • Sebuah problem terjadi di system IT.
  • Anda temukan efek dari problem.
  • Anda akan hubungi bagian layanan IT  (biasanya bagian support)
  • Anda jelaskan problem tsb (semampu-nya dan sebisa-nya)
  • Teknisi akan datang ke anda atau kalo tidak sempet akan muter-muter dulu.
  • Troubleshooting / trial error.
  • Masalah berhasil di atasi…..untuk hari itu.

Komik strip ini sedikit mengilustrasikan kondisi yang sekarang umum / biasa terjadi di dunia IT.

Challenge is disaster

komik1

Break Fix

komik2

komik3

(source : dimension data)

Sekarang apa itu Managed Services ?

Managed services is the practice of transferring day-to-day related management responsibility as a strategic method for improved effective and efficient operations inclusive of Production Support and lifecycle build/maintenance activities (source:wikipedia)

Singkatnya sebuah model layanan IT Management terbaru yang kini mulai banyak di adopsi oleh MNC maupun SME (Small Medium Enterprise). Apa yang membedakan dengan layanan tradisional adalah di sisi “tanggung-jawab dan resiko”.

Jika pada layanan IT tradisional, maka personel IT support tidak beda dengan petugas pemadam kebakaran atau tukang pipa yang bekerja jika ada kebakaran atau pipa bocor.  Bisa seharian hanya bergelut dengan urusan pipa bocor.

Penyedia layanan / IT Support di nilai berdasarkan seberapa cepat bisa menangani masalah, tapi kebanyakan mereka kalah cepat dengan masalah yang timbul, data hilang, downtime bisa berjam-jam dan produktivitas berkurang, dst

 Managed Services Scenario

  • An IT problem occurs – or is about to occur.
  • Your IT managed services supplier is alerted before or as the problem occurs because your IT systems have 24/7 monitoring and alerts in place.
  • Your IT managed services supplier instantly and accurately diagnoses your IT problem.
  • Your IT managed services supplier conducts remotely resolves your IT problem in less time than it would take for a traditional IT technician to find their coat and keys.
  • Your IT managed services supplier provides you with regular comprehensive reports showing you the work they have performed, issues they have identified and your optimized IT support budget.

Sederhana-nya, jika memakai layanan Managed Service, jika terjadi problem, dari awal sudah bisa di prediksi-kan atau di jadwalkan. Problem kok di jadwalkan ???  Inilah yang membedakan dengan layanan Break-Fix.

Managed Services bisa mengatur kapan terjadinya masalah “(misal upgrade perangkat jaringan / server/ storage) tanpa mengganggu produksi / aktivitas client. Karena umum-nya provider “managed service” ini sudah melengkapi infrastruktur dan system mereka dengan berbagai sophicasted technology yang bisa mencegah /  minimalisir downtime / problem.

IT Managed Service dari sisi costing juga lebih simple, predictable and reliable. CAPEX yang besar di awal implementasi dan maintenance sebuah teknologi, bisa di gantikan dengan OPEX yang pastinya lebih mudah di kalkulasikan secara rutin, misal dihitung per bulan.

Orang IT pasti juga lebih “happy”,  tidak menjadi petugas pemadam kebakaran tiap hari, mereka bisa fokus ke arah pengembangan teknologi / system yang bisa meningkatkan produktivitas. Bagaimana jika terjadi problem dgn IT system-nya, apakah ada  backup / recovery ? ? Ini akan menjadi tanggung jawab provider managed service.

Dari sisi management, ongkos untuk IT system bisa lebih murah dan bisa di cicil karena akan di hitung sebagai biaya operasional (OPEX). seperti halnya kita bayar listrik, air maupun telepon. SME bisa lebih fokus ke core business, IT sebagai sarana/pendukung business akan dihitung seperti belanja bulanan rutin lainnya. Mungkin sesederhana itu saja.

Managed service ini bisa berupa kombinasi on premise, on cloud atau hybrid..smua bisa di atur tergantung dari kebutuhan, situasi dan kondisi.

Siapakah pemain managed service yang bisa di pertimbangkan ?

1. IndonesianCloud

2. Dimension Data

3. Amazon Web Services (AWS)

IndonesianCloud , datacenter mereka sudah masuk kategori tier-3 dan terletak di Indonesia (Jawa), AWS, datacenter terdekat ada di Singapore. Hanya 45 menit perjalanan ferry dari Pulau Batam.

Sedangkan Dimension Data,data center wilayah Asia Pasific-nya tersebar di Hong Kong,Jepang, Australia dan New Zealand

Slamat melakukan transformasi !

Mengenal Managed Service

One thought on “Mengenal Managed Service

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s