Jack of all trades, master of none


keep-calm-im-a-jack-of-all-trades-master-of-none

Sebaris phrase dari barat di sekitar abad 17 itu tampak masih sangat relevan untuk menggambarkan pentingnya melakukan sesuatu dengan fokus.

Mengapa perlu fokus dalam pekerjaan, bisnis, usaha ataupun yang ingin kita lakukan adalah karena pada dasarnya jika kemampuan individu adala unik, tidak sama, sama seperti halnya sidik jari kita.

No one suits for all

Jika kita memaksakan untuk bisa mengusai semua hal dengan baik, maka konsekuensi logis dari usaha kita adalah tidak satupun yang akan benar-benar dikuasai dengan baik.

Kemampuan mengusai banyak bidang memang bisa memperluas sudut pandang untuk mendapatkan “big picture” tetapi bagaimanapun ketika pada sampai tahap detail, maka fokus akan diperlukan. Untuk bisa fokus,mutlak mengusai bidang tersebut dengan baik, jika perlu dengan sangat baik… dan dengan cerdas

kebiasaan

Kecerdasan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan atau memecahkan suatu masalah yang ada di lingkungan hidupnya dengan cepat dan tepat. dan faktanya hal tersebut TIDAK hanya karena bawaan dari lahir, nilai IQ, Gelar akademis, atau reputasi TETAPI kecerdasan didasarkan oleh tingkat ke ingin tahuan seseorang (CURIOSITY), tingkat kemalasan seseorang, dan masalah yang dapat di selesaikan dalam kehidupan

Dr. Howard Gardner, Profesor bidang pendidikan di Harvard University, Amerika Serikat mengemukakan, definisi kecerdasan yang berbeda untuk mengukur potensi manusia secara lebih luas, baik pada anak maupun orang dewasa. Ia membagi 8 jenis kecerdasan, dan dikenal sebagai Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences).

1. Word smart
2. Number smart
3. Picture smart
4. Body smart
5. Music smart
6. People smart
7. Self smart
8. Nature smart

Ada satu lagi yang mungkin belum di sebutkan oleh Dr. Howard yakni  “Intuitif Smart”

Dan kita semua punya punya kecerdasan-kecerdasan tsb dalam taraf berbeda-beda, memahami diri sendiri / self esteem adalah cara terbaik dimana kita bisa melihat dan menentukan kecerdasan mana saja yang lebih dominan dan bisa di andalkan untuk sekolah, pekerjaan dan kehidupan kita.

Memaksakan sesuatu yang kurang atau tidak kita sukai sama halnya menyuapi makanan basi ke mulut kita..pasti dimuntahkan

Back to focus

Ketika kita berbisnis ataupun ingin menetapkan karir  akan lebih baik jika   cukup menguasai  “beberapa bidang” dengan sangat baik … bukan semuanya.

jack-master

Jangan sampai  “Yang dikejar tidak dapat, yang dikendong berciciran”

Keuntungan yang diharapkan tak didapati, sedangkan yang telah ada hilang pula.

Keeps focus  and be master !

Jack of all trades, master of none

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s