Jasa MEA 2016


Seperti di ketahui bersama, satu bulan lagi  Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan resmi di implementasikan pada awal Januari 2016 atau sebulan lagi dari sekarang.

Apakah artinya ?
Apakah akan banyak barang-barang impor atau pekerja yang luar yang masuk Indonesia ?

Jawabannya sebagai berikut.

Print

 

Sejak Januari 2010, sebanyak 98,87% pos tarif ASEAN Free Trade Area (AFTA) sudah berlaku 0%. Dengan demikian diperkirakan tidak akan ada perubahan yang terlalu berarti pada Januari 2016 nanti.

Jadi pada saat MEA di terapkan pada 2016 nanti bukan lagi perdagangan bebas atau industri-nya  tapi lebih ke arah persaingan jasa atau tenaga kerja, karena akan ada pertukaran tenaga kerja dalam MEA 2016.

Yang perlu diperhatikan saat MEA 2016 adalah perdagangan jasanya bukan perdagangan bebasnya. Karena dari lima tahun yang lalu sebernarnya Indonesia sudah siap dengan perdagangan bebas. Saat MEA tiba, tenaga kerja akan dinilai berdasarkan kompetensinya dan sertifikasi diperlukan dalam menunjang kualitas si pekerja. Tanpa adanya standar kompetensi, bagaimana pekerja Indonesia bisa bersaing atau “pasang harga” ?

Bidang usaha terutama yang mengandalkan perdagangan dan jasa mau tidak mau harus berkompetisi dengan  pemain luar.  Jadi yang dulu-nya hanya bersaing dengan sesama pemain lokal atau mentok-nya skala nasional maka di era MEA nanti harus  berkompetisii dengan pengusaha dari negeri -negeri jiran. Menjadikan mereka mitra atau kompetitor adalah pilihan.

Bagaimanapun jika MEA 2016 sudah di mulai, siap tidak siap, mau tidak mau, hanya ada satu pilihan …

Berubah atau musnah.

 

Jasa MEA 2016

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s